V ‘BTS’ Picu Kontroversi Usai Memakai Durag

V 'BTS' Picu Kontroversi Usai Memakai Durag
Foto: Dok. Twitter / Instagram @thv

V ‘BTS’ menuai kontroversi setelah mengenakan durag saat melakukan siaran langsung di Wevers beberapa waktu lalu. Sebelumnya V terlihat menghadiri pesta yang diselenggarakan rapper asal Amerika Lil Uzi Vert. Pria bernama asli Kim Taehyung itu menerima hadiah berupa durag. 

|Baca Juga: V BTS Ketahuan Merokok di Grammy Awards, ARMY Ngamuk Minta Fotonya Dihapus

Setelah menghadiri pesta tersebut, V melakukan siaran langsung untuk menyapa para penggemarnya. Dia menceritakan pengalamannya setelah menghadiri pesta dan menunjukkan hadiah yang ia terima. Dengan bangga V memamerkan durag berwarna merah yang tergantung dibelakangnya. Tanpa mengetahui konotasi budaya di dalamnya, V mengenakan aksesoris itu di kepalanya.

“Ini dia, aku mendapatkannya sebagai hadiah,” ungkap V.

Aksi V tersebut memicu berbagai reaksi dari para penggemar. Tidak sedikit dari mereka yang mengungkapkan kekecewaan dan kekhawatiran akan perampasan budaya yang dilakukan pria 27 tahun itu.

Melansir dari laman Byrdie, durag sendiri merupakan pelindung kepala bagi pria kulit hitam untuk membantu melindungi rambut dan menjaga tekstur rambut bergelombang. Diciptakan sebagai pelindung rambut, durag kemudian mulai digunakan sebagai aksesoris pada tahun 1990-an. Sekaligus sebagai simbol kebanggaan dan budaya bagi orang kulit hitam.  

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa aksi non kulit hitam mengenakan durag merupakan aksi yang melenggangkan stereotip merugikan bagi orang kulit hitam. Mereka mengenakannya tanpa mengakui makna budaya dibaliknya.

Memiliki makna dan sejarah yang mengakar itu lah yang membuat banyak orang merasa, bila seseorang yang bukan dari orang kulit hitam mengenakan durag maka tindakan itu adalah perampasan budaya.

Meskipun tidak memiliki niatan buruk, namun aksi pelantun ‘Love Me Again’ itu dianggap tidak dipikirkan terlebih dahulu dan terkesan cuek. Melalui Twitter, penggemar menuliskan berbagai tanggapan. Pro dan kontra pun terjadi diantara mereka. Terdapat penggemar  yang mengaku kecewa dengan sikap cuek idolanya itu.

|Baca Juga: Rayakan Ultah, V BTS Cuek Langgar Aturan Agensi

“Maaf, saya tidak peduli apakah ‘antis’ atau ‘media’ atau siapa pun yang menyeret Taehyun karena mengenakan durag. Aku mencintainya, tapi dia sudah dewasa dan pantas dikritik jika dia ingin cuek. Pada akhirnya, saya berkulit hitam sebelum saya menjadi penggemar K-pop, dan saya lelah,” tulis salah satu penggemar.

Sebaliknya, penggemar lainnya membela apa yang dilakukan V bukanlah tindakan perampasan budaya ataupun mengejek orang kulit hitam.

“Jika orang-orang yang bukan kulit berwarna tidak sepenuhnya memahami masalah penggunaan durag, bukan berarti itu merupakan perampasan budaya atau tidak menghormati orang kulit hitam. Beberapa orang kulit hitam menganggap penggunaan durag sebagai perampasan budaya, sementara yang lain tidak menganggapnya sebagai masalah. Taehyung mengenakan durag selama live tidak disengaja dan tidak dimaksudkan untuk mengejek atau mengejek orang kulit hitam,” komentar salah satu penggemar yang membela V.*ihs/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here