5 Dorama Jepang Bertema Medis yang Seru Abis!

Deretan dorama Jepang yang bisa menemani waktu libur. Foto: Dok. Fuji Television Network
Deretan dorama Jepang yang bisa menemani waktu libur. Foto: Dok. Fuji Television Network

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur agar tidak dilanda rasa bosan. Salah satunya dengan marathon series atau drama dengan genre tertentu.

Serial Jepang atau biasa disebut dorama juga tengah digandrungi akhir-akhir ini. Tak mau kalah dengan drama Korea dan Cina, dorama Jepang selalu konsisten menghasilkan serial dengan genre yang unik dan menarik.

Salah satu genre dorama Jepang yang paling populer adalah medical drama alias drama medis. Sejumlah judul di bawah ini pernah sukses dan mendapatkan pujian dari penonton. Apa saja dorama Jepang bertema medis paling popular? berikut rangkumannya,

1. Radiation House

Radiation House menceritakan tentang perjalanan karier seorang radiografer bernama Igarashi Lori. Dia dikenal sebagai ahli radiologi yang berbakat dan meyakini bahwa kebenaran terletak pada gambar CT dan MRI.

Suatu hari dia bekerja sama dengan Amakasu, seorang radiologi yang bekerja di rumah sakit yang sama. Tugas mereka adalah menemukan penyebab penyakit dan cedera pasien melalui citra medis yang dihasilkan.

Dengan memberikan visual tentang dunia kedokteran, penonton akan diajak untuk seolah-olah menjadi dokter sungguhan. Tidak hanya itu, penonton juga bisa belajar tentang istilah istilah medis juga loh.

| Baca Juga: Setelah 1.250 Tahun, Jepang Izinkan Wanita Ikut Festival Pria Bugil

2. Ishitachi no Renai Jijo

Ishitachi no Renai Jijo menyajikan cerita dunia medis yang dibalut dengan romansa asmara di antara pemainnya. Mengisahkan tentang Morita Haruki, seorang ahli bedah di sebuah rumah sakit yang dikenal sewenang-wenang dan keras kepala.

Haruki menentang sistem di rumah sakit universitas yang mengutamakan keuntungan dan otoritas. Dia hanya peduli menyelamatkan pasiennya. Karena sifatnya yang keras kepala, ia lupa untuk mencari cinta.

Hingga pada akhirnya, takdir mempertemukan Haruki dengan Kondo Chizuru, seorang ahli bedah yang juga seniornya. Haruki mulai merasakan perasaan jatuh cinta terhadap Chizuru. Drama ini menggambarkan bagaimana Haruki, dengan prinsip-prinsipnya yang kuat, menghadapi konflik internal terkait dengan perasaannya pada Chiziru.

3. Hippocrates no Chikai

Foto: Dok. AsianWiki

Hippocrates no Chikai merupakan dorama yang menawarkan genre medis berbalut misteri. Dorama yang diadaptasi dari novel karya Nakayama Shichiri ini mengisahkan tentang Togani Makoto, seorang pembantu rumah tangga yang mengikuti pelatihan di kelas kedokteran forensik atas saran Profesor Tsukuba.

Dengan hati-hati dia masuk ke ruang kelas dengan suasana yang aneh. Profesor forensik yang eksentrik tapi luar biasa Matsuzaki Tojiro memberinya keanehan untuk tak meninggalkan tempat itu.

Makoto melatih di bawah Kosaki dalam sebuah cerita yang melemparkan konflik etis seputar otopsi dan hubungan manusia menjadi bantuan yang tajam.

4. Good Doctor

Good Doctor versi Jepang merupakan remake dari drama Korea tahun 2013 dengan judul yang sama. Dorama ini dibintangi oleh aktor Kento Yamazaki, yang berperan sebagai Minato Shindo.

Dorama ini berfokus pada cerita Minato Shindo, seorang pria pengidap sindrom savant. Walaupun memiliki daya ingatan yang kuat, Minato kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Sejak kecil, Minato memiliki cita-cita menjadi dokter. Saat berusia belia, ia bertemu Dokter Akira Shiga. Saat bertemu Minato, Akira Shiga terkejut dengan ingatan anak berusia 7 tahun tentang organ manusia. Dia pun memutuskan untuk mendukung Minato Shindo dalam mencapai mimpinya.

Sekarang, Akira Shiga bekerja sebagai direktur di sebuah rumah sakit besar. Dia menyarankan kepada Minato Shindo untuk bekerja di departemen bedah anak di rumah sakit tempat dia bekerja.

| Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Hampir Diserang Saat Bela Palestina di Jepang

5. Code Blue

Code Blue menceritakan tentang tim medis kedaruratan yang menggunakan helikopter sebagai transportasi, untuk menyelamatkan pasien saat kondisi kritis. Mereka biasanya melakukan misi penyelamatan pada korban dengan kasus yang berat, seperti kecelakaan di area yang sulit dijangkau.

Mereka harus siap terbang ke lokasi kecelakaan untuk memberikan perawatan medis langsung kepada pasien di tempat kejadian, dan membawanya dengan cepat ke rumah sakit.

Dorama ini tidak hanya memberikan gambaran tentang keterampilan tim medis dalam menangani pasien di medan yang terjal. Tetapi juga menunjukkan bagaimana tekanan dan tantangan yang dihadapi tim medis dalam menangani kasus darurat. Code Blue sendiri memiliki 3 musim, 1 episode spesial, dan memiliki 1 versi film. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here