Barista Indonesia Juara Dunia, Kalahkan 53 Negara

Mikael Jasin, Barista Indonesia menjadi pemenang World Barista Championship 2024 di BEXCO, Busan, Korea Selatan. Foto : Instagram/mikaeljasin
Mikael Jasin, Barista Indonesia menjadi pemenang World Barista Championship 2024 di BEXCO, Busan, Korea Selatan. Foto : Instagram/mikaeljasin

Indonesia berhasil mencetak sejarah usai wakilnya, Mikael Jasin, menjadi pemenang World Barista Championship 2024 di BEXCO, Busan, Korea Selatan dari tanggal 1-4 Mei 2024. Mikael menjadi juara dunia mewakili Barista Indonesia di turnamen tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Mikael Jasin mengalahkan lawannya, 53 peserta dari seluruh dunia. Pada babak final, pria yang akrab disapa Miki itu harus berhadapan dengan lima barista asal Australia, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Belanda.

Barista Indonesia ini berhasil mendapat nilai tertinggi dan keluar sebagai juara dunia World Barista Championship 2024.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by World Coffee Championships (@worldcoffeechampionships)

Hal itu diumumkan langsung dalam unggahan akun Instagram @worldcoffeechampionship. Dalam unggahan tersebut, Miki yang menggunakan pakaian serba putih itu berdiri di tengah diapit lima peserta barista lainnya.

| Baca Juga: Debut Pertama, Atlet Kriket Putri Indonesia Cetak Rekor Dunia

Selamat untuk Juara Dunia Barista 2024: Mikael Jasin yang mewakili Indonesia!,” bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Sementara itu Miki dalam unggahan Instagramnya mengungkapkan rasa bahagia usai menjuarai turnamen Barista bergengsi itu.

“Tidak nyata. Tak terlukiskan. Juara Barista Dunia 2024. Butuh beberapa saat bagi saya untuk sepenuhnya memproses hal ini, namun untuk saat ini saya sangat tersanjung dan bersyukur atas besarnya cinta dan dukungan yang kami terima,” ucapnya.

Sepak terjang Miki dalam dunia kopi sendiri sudah dijalani selama 10 tahun, dia adalah pemenang Kejuaraan Barista Indonesia 2019 & 2020. Bahkan juga  pernah menempati urutan ke-4 World Barista Championship (WBC) di Boston pada tahun 2019.

| Baca Juga: Inspirasi Desainer Tuna Netra, Natalie Trevonne, Berkarya Lewat Sentuhan Tekstur

Founder dari So So Good Coffee Company ini juga menempati urutan ke-7 pada 2021 di Milan dengan membawa biji kopi 100 persen dari Indonesia. Berkatnya, kopi Indonesia bisa dikenal di kancah Internasional.

Berkat pengalamannya itu, dia seringkali diundang untuk mengisi seminar & workshop internasional. Pemenang World Barista Championship 2024 di BEXCO ini juga tercatat memiliki gelar pascasarjana di bidang pemasaran yang berfokus pada Desain Pengalaman Pelanggan, Pemikiran Desain, dan Pemasaran Strategis. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here