Inspirasi Desainer Tuna Netra, Natalie Trevonne, Berkarya Lewat Sentuhan Tekstur

Desainer Tuna Netra, Natalie Trevonne (kiri). (Foto: Instagram)
Desainer Tuna Netra, Natalie Trevonne (kiri). (Foto: Instagram)

Kekurangan fisik tak mampu menjadi penghalang bagi Natalie Trevonne untuk terus berkarya dalam dunia fashion. Baru-baru ini, desainer tuna netra Amerika Serikat itu meluncurkan brand-nya, NYI (Not Your Inspiration).

Bekerja sama dengan Ernest Spicer, Trevonne menciptakan karya dengan hiasan kreatif dan menekankan sentuhan pada tekstur, sehingga muncul slogan Style You Can Touch.

”Sebagai seorang perempuan tuna netra, saya mengidentifikasi pakaian saya melalui tekstur, jadi kami bermain dengan banyak bahan yang menyenangkan, seperti sutra, renda, kulit, dan kain curdoroy. Kami memiliki gaun wol yang sangat seksi,” ujarnya, yang dilansir dari laman Popsugar.

| Baca Juga: 9 Gaun Pernikahan Mewah Artis Hingga Keluarga Kerajaan

Dengan tekstur, penyandang tuna netra dapat mengenali pakaian mereka dengan baik. “Kami memodernisasi beberapa tekstur klasik, sehingga ketika Anda masuk ke lemari, Anda langsung berpikir OkeIni NYI,” kata Trevonne. Tekstur menjadi identitas brand NYI.

Trevonne menjelaskan lebih lanjut betapa pentingnya tekstur dalam busana seorang tuna netra. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri. “Kami tidak bisa memiliki 10 kemeja karena kami tidak tahu itu warna apa. Saya punya rok tweed Zara yang saya suka. Saya tahu itu warna merah karena ya itu rok tweed Zara saya. Jadi saya mengenali warnanya pada teksturnya,” ceritanya.

Pengalaman pribadi ini memberikan inspirasi Trevonne dalam menciptakan desain-desain yang keren, terutama bertujuan agar tuna netra tetap dapat merasakan bahwa mereka dapat tampil memukau dengan beragam pilihan desain pakaian.

Desain label NYI ini diperkenalkan Trevonne dalam New York Fashion Week (NYFW) 2024 pada Februari lalu. Sebelum itu, dia juga menampilkan karyanya dalam intimate fashion show di East Cost, Amerika Serikat, yang dihadiri oleh kerabat dekat. Anda dapat melihat karya-karya Trevonne dalam akun Instagram-nya, @wearnyi.

Salah satu rancangan desainer tuna netra, Natalie Trevonne. (Foto: Instagram @wearnyi)

| Baca Juga: Gaya Avant Garde Jadi Ciri Rancangan Ian Adrian di IFW 2024

Trevonne paham betul bahwa event fashion show yang diselenggarakan oleh labelnya, NYI, ini memiliki makna penting bagi orang-orang tuna netra yang masih belum terbiasa mengembangkan gaya berbusananya.

Meski saat ini, sudah banyak merek fashion design yang punya nama besar, Trevonne tetap optimis bahwa brand miliknya tetap dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here