Catat! Ginseng Memiliki Khasiat untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Ilustrasi khasiat ginseng untuk kesehatan kulit. (Foto: Freepik)
Ilustrasi khasiat ginseng untuk kesehatan kulit. (Foto: Freepik)

Ginseng mengacu pada tumbuhan berasal dari Asia Timur yang dijadikan ramuan obat-obatan berkhasiat. Tanaman tahunan yang berkembang perlahan itu termasuk dalam keluarga Araliaceae, khususnya genus Panax.

Selama ribuan tahun, ginseng Asia telah menjadi komponen penting dalam pengobatan tradisional di negara-negara Asia Timur.

Dikutip dari Healthshots, khasiat ginseng juga dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja?

| Baca Juga: Kandungan Omega-3 Ikan Kembung Lebih Tinggi dari Salmon

  1. Membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan

Memakai ginseng untuk rutinitas perawatan kulit dapat membantu mengurangi kerutan. Tumbuhan ini dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan mengencangkan kulit dengan meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Rejuvenation Research Journal menemukan bahwa ekstrak ginseng mengurangi munculnya kerutan.

Sementara menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Elsevier Journal , ekstrak ginseng juga dapat meningkatkan kelembapan kulit, sehingga mengurangi pembentukan garis-garis baru di kemudian hari.

2. Mengurangi kemerahan dan bengkak

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology , ginseng dapat membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam Annals of Dermatology Journal , ekstrak ginseng merah Korea membantu pasien eksim dengan gejala seperti peradangan.

| Baca Juga: Waspada Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

3. Meningkatkan kecerahan kulit

Ginseng mengandung komponen bioaktif, antara lain pektin, saponin, polisakarida, serta vitamin B1, B2, dan B12. Semua komponen ini mungkin menjadikannya bahan yang sempurna untuk membuat kulit Anda bercahaya.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim kesehatan kulit tersebut, kata ahli kosmetik dan trikolog Dr Amita Thakur .

4. Menyeimbangkan produksi minyak

Khasiat ginseng juga dapat bertindak sebagai agen pelindung terhadap kontaminan lingkungan yang berbeda seperti kotoran, kotoran, dll. Polutan dapat dengan cepat menembus kulit, berkumpul di pori-pori, dan meningkatkan sintesis melanosit, menyebabkan produksi melanin berlebih.

Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan bercak coklat. Menurut penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research Journal , ginseng memiliki sifat anti jerawat, membantu mengurangi produksi minyak di kulit.

| Baca Juga: Makanan Kaya Antioksidan Ini Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

5. Membantu menjaga kulit tetap terhidrasi

Menurut sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Aging and Disease Journal , ginseng dapat membantu menjaga kulit Anda tetap lembap dan kenyal dengan meningkatkan produksi asam hialuronat. Jadi, jika Anda sedang mencari cara menghilangkan kulit kusam , lihatlah ginseng untuk menjaga kulit Anda terasa segar dan terhidrasi. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here