Makanan Kaya Antioksidan Ini Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

Ilustrasi konsumsi cokelat hitam, salah satu makanan kaya antioksidan yang bagus untuk pertumbuhan rambut. (Foto: Freepik)
Ilustrasi konsumsi cokelat hitam, salah satu makanan kaya antioksidan yang bagus untuk pertumbuhan rambut. (Foto: Freepik)

Memiliki rambut yang sehat merupakan impian, utamanya bagi seorang perempuan. Agar kondisi rambut tetap sehat dibutuhkan zat besi, protein hingga asam lemak esensial.

Namun tak hanya itu, beragam nutrisi juga dibutuhkan agar rambut dalam kondisi sehat. Salah satunya makanan yang mengandung antioksidan.

Nah, makanan kaya antioksidan ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Menapa? Sebab antioksidan diketahui dapat menetralisir radikal bebas dari sel-sel tubuh dan mencegah atau mengurangi kerusakan akibat oksidasi.

Terkait rambut, antioksidan melawan stres oksidatif, yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok serta uban dini.

Antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E, dan mineral, seperti selenium dan seng, dapat melindungi dan menutrisi kulit kepala hingga menstimulasi folikel rambut.

Hal tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan kekuatan, elastisitas, dan pertumbuhan rambut.

| Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Bantu Tingkatkan Kecerdasanmu

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Cosmetic Science , antioksidan dapat menciptakan penghalang pada rambut, melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit kepala dan mengurangi risiko kerontokan rambut sehingga membuat rambut Anda terlihat lebih penuh.

Sementara dalam penelitian lain yang diterbitkan oleh Indian Dermatology Online Journal , antioksidan dapat memblokir dihidrotestosteron (DHT), sehingga mengurangi risiko rambut rontok dan masalah rambut lainnya. Secara keseluruhan, antioksidan sangat penting untuk kesehatan rambut.

Agar rambut mendapatkan nutrisi tersebut, ada beberapa beberapa makanan kaya antioksidan terbaik untuk pertumbuhan rambut. Hal ini seperti dikutip dari laman Healthshost.

  1. Stroberi

Stroberi merupakan buah manis yang sangat menyehatkan. Rendah gula dan kalori tetapi kaya akan nutrisi penting seperti serat dan vitamin C.

Dokter kulit, Dr Rinky Kapoor, mengatakan  Stroberi dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk  pertumbuhan rambut yang lebih sehat

“Selain itu, mereka kaya akan silika. Mineral yang dapat menguatkan rambut dan menambah kilau,” kata Dr Rinky.

| Baca Juga: Gak Nyangka, 7 Makanan Sehat Ini Malah Bikin Flu Tambah Parah

2. Telur

Telur mengandung nutrisi penting untuk membantu mendapatkan surai yang lebih kuat dan tebal. Telur kaya akan biotin, protein, kolin, zat besi, vitamin A, D, B12, lutein, dan zeaxanthin, yang bagus untuk meningkatkan kesehatan rambut.

3. Blackberry

Blackberry memiliki senyawa fenolik anti-inflamasi dan antioksidan, (seperti antosianin, asam ellagic, dan quercetin) yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan kolagen sehingga mengurangi risiko kerontokan rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here