Gak Nyangka, 7 Makanan Sehat Ini Malah Bikin Flu Tambah Parah

0
46
makanan-yang-tidak-baik-untuk-sakit-flu
Foto: Gianteagle

Pusing, tenggorokan gatal, serta hidung tersumbat jadi tanda-tanda awal sebelum flu menyerang. Kalian pasti tahu apa yang harus dilakukan saat merasakan tanda tersebut. Minum banyak cairan, jangan lupa tambahkan jahe dan madu. Konsumsi makanan sehat juga tak boleh dilewatkan. Mudah bukan?

Tapi jangan salah, nyatanya ada beberapa makanan sehat yang justru tidak baik dikonsumsi saat kamu terserang flu. Sejumlah makanan ini diyakini bisa membuat gejala flu semakin parah. Yuk intip apa saja.

1. Bayam

bayam-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Healthline

Bayam dipercaya bisa memicu tubuh melepaskan kandungan histamin. “Bayam memicu sel mastosit (mast cell) menghasilkan histamin yang memicu gejala alergi. Hal itu tentu akan memperparah gejala flu, seperti rasa lelah yang berlebihan,” kata dokter Renee Wellenstein kepada Huffington Post.

Baca juga: Tonton Aksi Pole Dance 5 Artis Ini, Siapa yang Paling Ekstrem?

Bukan hanya bayam, ada beberapa makanan lain yang dilabeli sebagai pembebas histamin. Di antaranya adalah stroberi, tomat dan jeruk.

2. Kacang-kacangan

makanan-tak-baik-untuk-flu-kacang-kacangan
Foto: Pittman & Davis

Kacang-kacangan memang mengandung banyak nutrisi baik untuk melawan infeksi, seperti zink dan vitamin E. Namun kalian harus menghindari makanan ini saat demam melanda.

Sebab, makanan tersebut mengandung lemak baik yang tinggi, sehingga tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Akibatnya, energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan justru habis. Selain itu, seperti halnya bayam, kacang-kacangan juga diyakini menghasilkan histamin yang bisa berdampak buruk saat terserang flu.

3. Brokoli

brokoli-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Healthline

“Brokoli punya banyak manfaat, karena mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Di antaranya vitamin A, C serta serat yang tinggi. Tapi, bila terserang flu, sebaiknya hindari brokoli, karena nutrisi tersebut sulit dicerna,” kata ahli pencernaan dan penulis buku Total Gut Balance, Mahmoud Ghannoum. 

Untuk menghindari iritasi saluran pencernaan, sebaiknya konsumsi makanan yang rendah serat dan lebih mudah dicerna, sehingga tubuh bisa fokus untuk melawan infeksi.

4. Keju Tua

keju-tua
Foto: Smithsonian Magazine

Semakin tua umur keju, semakin tinggi pula kandungan histaminnya. Di antaranya adalah keju gouda, keju Swiss, dan parmesan. Histamin yang terkandung dalam keju tersebut menyebabkan pembuluh darah otak membesar dan memperparah sakit kepala. 

5. Makanan Fermentasi

kimchi bahaya untuk flu
Foto: Plaitings dan Pairings

Tyramine dan asam amino yang ada dalam makanan fermentasi, seperti sauerkraut dan kimchi, bisa memicu sakit kepala. “Beberapa orang mengalami kesulitan untuk memecah tyramine. Ini yang membuat mereka lebih rentan terhadap sakit kepala setelah makan makanan yang mengandung tiyarmine tinggi,” kata Renee Wellenstein.

Baca juga: 2 Cara Ampuh Atasi Gangguan Serangan Panik Ala Marshanda

Makanan tersebut memberikan reaksi berantai seperti penyempitan dan pelebaran pembuluh darah otak sehingga kalian bisa terserang sakit kepala berdenyut yang menyiksa. 

6. Sayuran Mentah

salad tidak baik untuk flu
Foto: Veggie Inspired

Sakit tenggorokan jadi salah satu gejala yang dirasakan kala flu menyerang. Untuk itu, tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Makanan mentah yang bertekstur kasar bisa memperparah sakit tenggorokan yang diderita. 

7. Jeruk

jeruk-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Homeperch

Makan jeruk saat flu ada kelemahan dan kelebihannya. Kelebihannya adalah kalian bisa mendapat asupan nutrisi penting seperti vitamin C, juga elektrolit seperti potasium. Di sisi lain, zat asam yang terkandung di dalamnya bisa memperparah sakit tenggorokan yang diderita. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here