6 Masker Bahan Alami yang Bisa Atasi Kulit Kering

Foto: Dok. Pexels/ROMAN ODINTSOV

Adanya cuaca ekstrem dapat menyebabkan beberapa perbedaan pada tubuh, salah satunya adalah kulit kering. Kulit kering dapat terjadi karena tubuh merasakan dehidrasi, terutama selama gelombang panas ini.

Belum lagi jarang minum bisa menyebabkan kelembapan kulit menjadi berkurang. Kamu bisa mencoba membuat masker dari bahan alami untuk mengatasi kulit kering saat menghadapi panas ekstrem. Check this out!

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang mengandung vitamin A dan juga potasium yang mampu melembutkan dan melembabkan kulit. Selain itu, pisang juga mampu mengatasi garis halus dan juga keriput.

Caranya, pisang kamu haluskan kemudian oleskan pada wajah dan juga leher, diamkan selama 15 – 20 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat. Selain itu, kalian juga dapat membuat masker dengan mencampurkan pisang dengan madu atau yoghurt.

| Baca Juga: Jangan Keliru! Ini Beda Tujuh Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Tahu!

2. Mentimun

Mentimun adalah buah yang memiliki sifat anti-inflamasi dan kemampuan mendinginkan, sekaligus menenangkan kulit. Kamu hanya perlu memarut mentimun kemudian dioleskan pada wajah dan juga leher, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk efek yang lebih dingin dan juga menyegarkan, kalian dapat menyiman irisan timun kedalam kulkas sebelum digunakan.

3. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.
Pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit yang mati. Sehingga cocok dijadikan masker alami untuk mengatasi kulit kering.

Pepaya dihaluskan hingga menjadi pasta, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan leher, diamkan sekitar 15-20 menit, kemudian bilas.

4. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu menenangkan dan juga melembabkan kulit. Selain itu, madu juga mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Oleskan madu ke seluruh wajah dan leher, diamkan sekitar 15- 20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

5. Yoghurt

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat membantu melembabkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Yoghurt juga kaya akan vitamin B yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Kamu bisa mencampurkan yoghurt dengan madu kemudian oleskan ke seluruh wajah. Setelah dirasa kering, bilas dengan air hangat.

| Baca Juga: Apakah Masker Kain Efektif Cegah Penyebaran Penyakit?

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan mampu melembapkan kulit. Lidah buaya juga dapat membantu menenangkan kulit yang kering dan iritasi, serta dapat mempercepat penyembuhan luka.

Oleskan gel lidah buaya murni ke seluruh wajah dan leher, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk efek dingin yang menyegarkan, simpan gel lidah buaya di kulkas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here