5 Makanan Sehat yang Bantu Tingkatkan Kecerdasanmu

0
31
makanan-mencerdaskan-otak
Foto: Indiamart/Nutrition Advance

Tahu kah kamu, kecerdasan otak dapat dibentuk melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Itulah mengapa, penting sekali untuk mengatur menu makanan, dan mengetahui manfaat yang terkandung didalamnya.

Kira-kira, apa saja ya makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak kita? Simak yuk, beberapa referensi makanan, di bawah ini!

1. Ikan berlemak tinggi

ikan-salmon
Foto: Hallo Sehat

Sekitar 60% kapasitas otak kita, diisi oleh lemak. Omega-3 menjadi salah satu lemak yang sangat dibutuhkan sel penyusun otak. Omega-3 banyak kita jumpai pada ikan yang berlemak tinggi seperti salmon, tuna dan sarden.

Kandungan omega-3 pada ikan, mempengaruhi peningkatan aliran darah di otak. Manfaatnya akan berdampak besar pada kecerdasan otak dan mampu menangkal penyakit alzheimer.

Baca juga: Butuh Ketenangan Jiwa? Masak Roti Bisa Jadi Obatnya

2. Berries

buah-jenis-berry
Foto: Net

Buah-buah seperti blueberry, strawberry, blackberry maupun cranberry, memiliki peranan penting untuk otak. Kandungan antioksidan flavonoidnya, mampu meningkatkan kecerdasan, mempertahankan tingkat energi positif otak serta membentuk sel-sel baru pada otak.

3. Telur

telur
Foto: Opoikiyo!

Dalam kuning telur, terkandung banyak kolin yang mampu membangun asetilkolin neurotransmitter yang berperan dalam kecerdasan, memori dan suasana hati. Selain itu, vitamin B yang terkandung pada telur, mampu memperlambat usia mental pada orang tua.

Baca juga: Nyatanya Obat Herbal Tak Kalah dengan Obat Kimia

4. Brokoli

brokoli
Foto: Jesmondfruitbarn

Kandungan sulforaphane pada brokoli, dapat meningkatkan proliferasi dan kelangsungan hidup sel-sel otak. Khasiat brokoli juga mampu mengoptimalkan produksi brain-derived neurotrophic factor (BDNF), mengurangi peradangan, dan meningkatkan neurogenesis.

5. Cokelat

cokelat
Foto: Medium

Cokelat memiliki kandungan flavonoid yang mampu meningkatkan memori otak. Selain itu, cokelat juga mampu meningkatkan hormon pemicu bahagia dan energi positif. (*)