Butuh Ketenangan Jiwa? Masak Roti Bisa Jadi Obatnya

0
42
manfaat-memasak-roti
Foto: Net

Aroma roti hangat yang baru dikeluarkan dari oven, tak hanya membuat kita lapar. Tak jarang, kita akan tersenyum sambil menghirup bau manis dan gurih yang memenuhi ruangan. Nggak cuma bikin bahagia, ada manfaat lain dari memasak roti, lho.

Tak hanya mampu mengobati perut yang lapar, memasak roti juga punya manfaat psikologis. Terlebih, jika hal tersebut dilakukan untuk orang lain. Seperti apa?

1. Media untuk mengungkap perasaan

Jika kalian sulit mengungkapkan perasaan dengan kata-kata, memasak roti bisa jadi alternatifnya. Dengan mencampurkan bahan-bahan, serta rasa roti yang jadi kesukaan seseorang yang dituju, bisa jadi kode untuk si dia.

“Memasak roti bisa jadi jalan untuk menyampaikan rasa terima kasih, apresiasi dan simpati dengan membuat roti yang enak,” ucap Professor Susan Whitbourne, dari jurusan Psychological and Brain Sciences, University of Massachusetts, kepada HuffPost. 

Baca juga: Mengenal Penyakit ALS, Penyebab Kematian Kreator SpongeBob

Pernyataan tersebut, didukung oleh seorang terapis seni kuliner, Julie Ohana. “Di beberapa kebudayaan, negara, makanan bisa jadi media untuk mengekpresikan cinta,” katanya.

2. Melatih kita jadi sabar dan fokus

Meditasi, terkenal sebagai cara yang ampuh untuk mengurangi stres. Nah, nyatanya memasak roti juga memiliki manfaat yang tak kalah hebat.

Sabar dan fokus, jadi kunci utama dalam memasak roti. Tak hanya itu, ketelatenan dan ketelitian juga tak kalah pentingnya.

“Butuh perhatian penuh untuk memasak roti. Kalian harus mengukur (bahan-bahannya dengan tepat), fokus untuk mengolah adonannya. Kalian juga harus fokus dengan aroma dan rasanya. Jiwa kalian harus sadar dengan apa yang kalian kreasikan. Perhatian semacam ini, bisa mengurangi stres,” ungkap Professor Donna Pincus, dari jurusan Psychological and Brain Sciences, Boston University.

Baca juga: Cinta Laura Bagi Daftar Menu Makanannya untuk Jaga Bentuk Badan

Tak hanya itu, menghabiskan waktu dengan memasak roti juga menghindarkan kita dari rasa sedih. John Whaite, tukang roti yang memenangkan penghargaan The Great Bake Off 2012 mengungkapkan, bahwa memasak roti membantunya menghadapi depresi.

3. Mengasah kreativitas

Dilansir dari Tidbits Magazinemanfaat memasak roti lainnya adalah mengasah kreativitas. Kalian bisa memberikan variasi dalam prosesnya. Seperti menggunakan jenis tepung yang berbeda, pewarna dan perasa yang beragam, hingga sejumlah hiasan dengan tema tertentu.

Tak ada batasan tertentu dalam memasak roti. Sehingga kalian bisa menuangkan segala ide yang selama ini terpendam.

4. Bukti altruisme

Sosok orang yang egois, pastinya bikin sebal. Nah, jika kalian suka untuk memasak roti untuk orang lain, ini jadi bukti kalau kalian tidak termasuk sosok menyebalkan itu.

“Membuat roti untuk orang lain meningkatkan perasaan damai, menghilangkan stres dan membuat kalian merasa senang dengan melakukan hal baik untuk mereka. Sehingga meningkatkan makna hidup dan hubungan dengan orang lain,” ujar Professor Pincus.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat memasak roti untuk orang lain yang terakhir, adalah meningkatkan rasa percaya diri. Bagaimana tidak? Dengan membagikan kreasi kita kepada orang lain, kita akan percaya dan mulai percaya dengan kemampuan yang terpendam itu. So, are you ready to bake? (*)