Wajah Kendur dan Menua di Kalangan Selebritas Hollywood

Beberapa kalangan selebritas Hollywood mengalami wajah kendur dan menua akibat efek samping Ozempic. (Foto: Kolase/Getty Images/DailyMail)
Beberapa kalangan selebritas Hollywood mengalami wajah kendur dan menua akibat efek samping Ozempic. (Foto: Kolase/Getty Images/DailyMail)

Obat yang dirancang untuk penderita diabetes, Ozempic, ramai digunakan para sosialita dan selebritas Hollywood untuk membantu menurunkan berat badan. Padahal, Ozempic yang disuntikkan sekali seminggu itu berpotensi adanya efek samping yang mengkhawatirkan.

Namun penampilan baru muncul di kalangan selebritas Hollywood akibat efek samping penggunaan Ozempic. Yaitu, mata cekung, pipi tirus, dan kulit kendor. Para ahli mengatakan hal itu disebabkan oleh meningkatnya popularitas obat penurun berat badan.

Dokter Smita Ramanadham, ahli bedah plastik di New Jersey, mengatakan bahwa wajah kendur dan menua atau istilahnya wajah Ozempic, pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama dengan pasien yang mengalami penurunan berat badan cepat atau teratur. Salah satu cirinya, hilangnya volume di wajah.

Saat kehilangan lemak pada wajah, maka yang terlihat adalah tanda-tanda seperti pipi yang lebih cekung, kulit yang lebih kendur, dan fitur-fitur yang terlihat cekung.

”Hal ini bisa membuat seseorang terlihat lebih tua, sebab lemak pada pipilah yang membuat seseorang terlihat lebih muda,” ujar Dr Smita Ramanadham seperti dikutip dailymail.co.uk.

| Baca Juga: Cantik Natural! Ini Deretan Artis Hollywood yang Anti-Oplas (Part 2)

Dokter Sue Decotiis, pakar penurunan berat badan yang meresepkan Ozempic kepada ribuan pasien, menyebut bahwa penurunan berat badan terlihat lebih dramatis pada mereka yang memiliki wajah lebih panjang karena cara kulit diregangkan.

Lebih dari sembilan juta resep Ozempic ditulis dalam tiga bulan terakhir pada 2022 saat obat tersebut menggemparkan AS.

Para ahli bedah, termasuk Dr Nicholas Jones, seorang ahli bedah plastik di Georgia, diperlihatkan gambar beberapa selebriti yang baru-baru ini mengalami transformasi penurunan berat badan, dan mengatakan lebih dari setengahnya, kebanyakan pria, memiliki wajah Ozempic.

Adapun pada wanita, wajah kendur dan menua lebih sulit diketahui karena cenderung menggunakan filler dan menutupi ketidaksempurnaan dengan riasan.

Salah satu selebriti yang menduduki peringkat teratas adalah John Goodman. Menurut para ahli Goodman memiliki volume wajah yang jauh lebih kecil. Kulitnya juga lebih kendur sehingga membentuk kerutan.

| Baca Juga: Potret Before After Titi DJ Setelah 5 Kali Operasi Anti-aging di Korsel, Bikin Pangling!

Dokter Ramanadham menyebut, pihaknya belum mengetahui pasti. Sebab, Goodman belum pernah muncul dalam berita apa pun terkait Ozempic. Namun, hanya dengan penurunan berat badan, seseorang bisa terlihat lebih banyak garis, lebih banyak kerutan, dan lebih banyak pengelupasan di wajah.

”Perubahan ini umum terjadi pada penurunan berat badan, terlepas dari apakah obat penurun berat badan digunakan atau tidak, ujarnya.

Ada pula John Goodman yang berusia 71 tahun berhasil menurunkan berat badan sebanyak 200 pon selama lebih dari satu dekade berkat porsi makan yang lebih kecil, jalan-jalan setiap hari dengan anjingnya, dan pada satu titik mengurangi gula dan alkohol dari pola makannya.

Dia tidak mengatakan bahwa dia menggunakan Ozempic, meskipun gambar dirinya yang muncul di bandara di New York City bulan ini tampak sangat kurus dan menua.

Penampilan wajah penyanyi Robbie Williams saat tahun 2013 dan saat ini. (Foto: Actionpress/Shutterstock)

Robbie Williams juga berada di antara selebritas Hollywood dengan wajah Ozempic. Ramanadham melihat cekungan di bawah mata dan pipi Robbie Williams dan lebih banyak kerutan muncul karena hilangnya volume.

Kondisi pada Robbie, ujar dia, merupakan hasil langsung dari penurunan berat badan. Tahun lalu, Robbie menurunkan berat badannya sebanyak 25 pon.

| Baca Juga: Wow, Ekstrak DNA Salmon Bisa Bikin Awet Muda, Loh!

Di kalangan wanita, Sharon Osbourne berusia 71 tahun, adalah contoh paling dramatis dari wajah Ozempic. Itu terjadi setelah bintang tersebut mengungkapkan bahwa berat badannya turun 42 pon karena Ozempic dan kemudian tidak bisa berhenti menurunkan berat badan.

”Matanya terlihat lebih cekung, pipinya lebih cekung. Ada penurunan volume wajah yang signifikan juga, dan lebih banyak kerutan, ujar dr. Ramanadham.

Perbedaan penampilan wajah Jessica Simpson pada tahun 2020 dan tahun 2023 yang terlihat kendur dan menua. (Foto: ABC via Getty Images)

Mengenai Jessica Simpson, dr. Jones mengatakan, wajah Jessica pada foto jauh lebih penuh dan lebih bervolume. Namun, dibandingkan dengan foto terbaru, mata dan wajahnya lebih cekung, pipinya tidak terlalu penuh. ”Wajahnya terlihat sedikit kurus, sebenarnya, seperti dia kelaparan,” katanya.

Jessica tidak pernah mengatakan dia menggunakan obat penurun berat badan, tetapi sebelumnya mengungkapkan antara tahun 2019 dan 2020 bahwa berat badannya turun 100 pon.

Perubahan wajah drastis Liam Payne dari tahun 2015 dan yang terbaru 2023. (Foto: WireImage dan PA)

Para ahli bedah juga diminta untuk memeriksa Liam Payne, 30, untuk mengetahui apakah fitur wajahnya yang berkurang disebabkan oleh Ozempic. Menurut dr. Jones saat seseorang kehilangan banyak berat badan, kulit mereka akan menjadi kendur. (puj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here