Detik-detik Kecelakaan Bus di Subang, Perpisahan Pelajar Berakhir Duka

Detik-detik Kecelakaan Bus di Subang sempat terekam oleh salah seorang penumpang yang selamat. (Foto: Getty Images via X)
Detik-detik Kecelakaan Bus di Subang sempat terekam oleh salah seorang penumpang yang selamat. (Foto: Getty Images via X)

Detik-detik kecelakaan bus di Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5) malam terekam oleh salah satu penumpang yang selamat. Tampak seorang pelajar laki-laki merekam kejadian saat dirinya berada di dalam bus rombongan SMK Lingga Kencana Depok.

Video berdurasi 54 detik itu menunjukkan kepanikan penumpang bus dalam tragedi kecelakaan maut di Subang. Ya, ampun. Allahu Akbar… Allahu Akbar,” teriak penumpang yang terdengar suara perempuan dalam video tersebut.

Video sempat terjeda beberapa kali, namun di akhir rekaman, pelajar itu tampak sudah berada di luar bus. Sumpah, gue kecelakaan. Bentar, ya, bentar,” ucap pelajar itu sembari berusaha mengabarkan kondisinya.

Dalam insiden ini, total ada sebelas orang meninggal dunia, sementara 13 orang lainnya luka berat, dan 40 orang luka ringan. Artinya ada total 64 korban dalam peristiwa kecelakaan bus di Subang.

| Baca Juga: Diduga Rem Blong, Kecelakaan Bus di Subang Tewaskan 11 Orang

Terkait kesebelas korban yang tewas, Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Jules A. Abast menjelaskan sepuluh di antaranya penumpang bus Trans Putera Fajar atau bus pariwisata rombongan SMK Lingga Kencana Depok. Di mana salah satu dari kesepuluh rombongan tersebut adalah seorang guru. Sementara satu korban tewas lainnya adalah pengemudi motor yang ditabrak bus.

“Saat ini 10 jenazah penumpang masih di rumah sakit. Sementara jenazah pengendara motor, yaitu warga Subang, telah diserahkan ke kerabatnya,” kata Jules.

Kecelakaan maut ini melibatkan lima kendaraan, mulai dari Bus Trans Putera Fajar bernomor polisi AD 7524 OG, mobil Daihatsu Feroza D 1455 VCD, serta 3 motor.

Bus yang mengangkut 61 penumpang itu terbalik saat melewati jalan menurun pukul 18.45 WIB. Bus menabrak sebuah mobil dan tiga sepeda motor.

| Baca Juga: Bus Pariwisata Pelajar SMK Alami Kecelakan Maut di Subang

Kejadian ini bermula saat bus datang dari arah selatan menuju utara. Bus oleng saat melewati jalan menurun, lalu menabrak mobil Daihatsu Feroza yang datang dari arah berlawanan.

Bus kemudian terguling dengan posisi ban kiri di atas dan menabrak pengendara tiga sepeda motor. Bus baru terhenti setelah menabrak tiang di bahu jalan arah Subang menuju Bandung, tepatnya di depan Masjid As Sa’adah.

”Pelaksanaan olah TKP di lokasi kejadian akan dilaksanakan penyidik dari Satuan Lalu Lintas Polres Subang. Mereka akan didampingi tim dari Ditlantas Polda Jabar,” ujarnya.

Diketahui, bus yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok hendak merayakan acara perpisahaan. “Berangkat dari Depok, sempat berwisata dulu ke Tangkuban Perahu. Kemudian langsung ke Bandung untuk merayakan perpisahan kelas XII di Hotel Nalendra Cihampelas,” ujar salah seorang guru pendamping, Adewiah, yang dikutip. Dari Tribun Jabar.

| Baca Juga: Kecelakaan Maut di Tol Jakarta Cikampek, Tewaskan 12 Orang

Rombongan yang mengikuti acara perpisahan itu sebanyak tiga bus. Satu di antaranya mengalami kecelakaan di Subang. Bus yang terguling mengangkut 53 pelajar, tiga guru pendamping dan empat kru bus.

“Siswa kami yang meninggal semuanya berjumlah sembilan orang. Ditambag satu guru,” ungkap Adewiah.

Sementara itu, salah satu wali murid, Riris Fardia, mengungkapkan bahwa seharusnya acara perpisahan dilangsungkan di Kota Depok, tapi secara tiba-tiba pihak sekolah mengubah lokasinya ke Ciater, Subang, Jawa Barat.

“Kenapa datang ke sana (Ciater) padahal infonya kan dilakukan di Depok, kok tiba-tiba dibawa ke sana. Oke kita nurut semuanya, kita nurut,” jelasnya dengan histeris usai menjemput anak angkatnya yang selamat dari kecelakaan maut tersebut. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here