Akhir-akhir ini Terserang Flu? Begini Cara Efektif Mengatasinya

Ilustrasi cara efektif mengatasi flu. (Foto: Freepik)
Ilustrasi cara efektif mengatasi flu. (Foto: Freepik)

Salah satu penyakit yang kerap terjadi di masyarakat adalah influenza. Influenza, atau lebih dikenal dengan flu, merupakan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza.

Gejala umum yang terjadi adalah demam, pilek, dan sakit tenggorokan. Selain itu juga batuk, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Flu dapat menyebar cepat melalui udara. Terutama melalui percikan dahak atau droplet yang keluar saat seseorang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan berbicara.

Penularan juga bisa terjadi melalui sentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi virus influenza, lalu menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Flu juga bisa terjadi akibat sejumlah faktor lain. Antara lain kurangnya kekebalan tubuh terhadap virus, kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, serta lingkungan yang mendukung kelangsungan hidup virus, seperti suhu yang rendah dan kelembaban yang tinggi.

| Baca Juga: Waspada Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Berikut ini beberapa cara efektif mengatasi flu yang dirangkum Nyata dari berbagai sumber.

1. Istirahat Cukup

Penting untuk memberi tubuh istirahat saat sedang sakit flu. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh melawan infeksi dengan lebih efektif.

2. Minum Banyak Cairan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus, sup, atau teh hangat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan meredakan gejala seperti sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

3. Obat Penghilang Demam

Gunakan obat penurun demam seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan panas saat demam menyerang. Ini akan membuat tubuh lebih nyaman. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang tepat.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan biji-bijian dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

5. Hindari Kontak Langsung dengan Orang Lain

Usahakan menghindari kontak langsung dengan orang lain, terutama mereka yang rentan terhadap komplikasi flu, seperti bayi, anak-anak kecil, orangtua, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

| Baca Juga: Jahe Kering vs Jahe Segar, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

6. Sering Cuci Tangan

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air selama 20 detik. Atau aplikasikan hand sanitizer berbasis alkohol untuk membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

7. Pakai Masker

Jika harus berinteraksi dengan orang lain atau berada di tempat umum saat Anda sakit flu, gunakan masker medis untuk mencegah penyebaran virus kepada orang lain.

8. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh serta memperburuk gejala flu. Sebaiknya hindari mengonsumsi hal tersebut saat sedang sakit.

9. Berkonsultasi dengan Dokter

Apabila gejala tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Butuh perhatian dan perawatan yang tepat untuk mencari cara efektif mengatasi flu.

Tetap terapkan pola hidup sehat untuk mencegah risiko penyebaran virus kepada orang lain. Itu lah cara flu cepat sembuh dan dapat diatasi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here