Kondisioner Tanpa Bilas, Bolehkah Digunakan Setiap Hari?

Kondisioner tanpa bilas memiliki manfaat bagi rambut kering dan keriting. Foto : Freepik
Kondisioner tanpa bilas memiliki manfaat bagi rambut kering dan keriting. Foto : Freepik

Kondisioner tanpa bilas bagian dari perawatan rambut, khususnya siapa saja yang memiliki rambut kering dan keriting. Bahkan mereka yang sering menggunakan hair dryer untuk menata rambutnya pun akan mendapatkan banyak manfaat.

Diketahui, kondisioner tanpa bilas membantu mempertahankan kelembapan, menambah kilau, dan mencegah rambut kusut.

“Berbeda dengan kondisioner tradisional yang dicuci setelah beberapa menit, kondisioner tanpa bilas dibuat untuk memberikan kelembapan, nutrisi, dan perlindungan sepanjang hari,” ujar seorang dokter kulit dan ahli kosmetik, dr. Monica Bambroo, dikutip dari Health Shots.

| Baca Juga: Cara Mudah Merawat Rambut Blonde Tetap Sehat Seperti Beyonce

Kondisioner tanpa bilas biasanya mengandung bahan-bahan seperti minyak, vitamin, dan protein untuk membantu mengurai rambut kusut, menambah kilau, dan melindungi dari kerusakan akibat cuaca panas dan faktor lingkungan.

Lalu, apa manfaat kondisioner tanpa bilas? Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan rambut kering, rusak, atau keriting, tetapi juga dapat digunakan oleh wanita dengan jenis rambut lain.

  • Rambut kering: Kondisioner tanpa dibasuh memberikan kelembapan dan hidrasi yang diperlukan, membantu mengatasi kekeringan, kusut, dan kerapuhan.
  • Rambut berminyak: Menggunakan kondisioner tanpa dibasuh yang ringan memberikan hidrasi tanpa menambah berat badan berlebih atau berminyak, namun tetap menawarkan manfaat seperti menghilangkan kusut dan melindungi.
  • Rambut normal: Kondisioner tanpa dibasuh dapat membantu menjaga keseimbangan alami rambut, memberikan kelembapan yang cukup agar tetap sehat dan mudah diatur tanpa membebaninya.
  • Rambut keriting: Kondisioner tanpa dibasuh menawarkan manfaat luar biasa karena membantu mempertegas ikal, mengurangi rambut kusut, serta menambah pantulan dan kilau tanpa membebani rambut.
  • Rambut diwarnai: Kondisioner tanpa dibasuh dapat membantu menjaga kecerahan dan integritas warna dengan memberikan hidrasi dan perlindungan terhadap kerusakan akibat gaya rambut dan faktor lingkungan.

| Baca Juga: 5 Tips Pakai Eyeliner, Mudah untuk Pemula

Lantas bisakah menggunakan kondisioner tanpa bilas setiap hari?

“Ya, bisa. Terutama jika memiliki rambut kering atau rusak yang membutuhkan hidrasi dan nutrisi secara teratur,” kata dr Bambroo.

Namun, lanjut dia, penting untuk menggunakannya dalam jumlah sedang dan menyesuaikan berdasarkan jenis dan kebutuhan rambut.

Jika melihat ada penumpukan atau rasa berat, selalu dapat mengurangi frekuensi penggunaan atau beralih ke kondisioner yang lebih ringan. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here