5 Film Indonesia yang Angkat Isu kekerasan Seksual

Film Indonesia tentang isu kekerasan seksual. Foto: Dok. YouTube Bintang Cahaya Sinema Official
Film Indonesia tentang isu kekerasan seksual. Foto: Dok. YouTube Bintang Cahaya Sinema Official

Belakangan ini banyak film Indonesia yang berani mengangkat tema cukup sensitif di masyarakat. Salah satunya adalah isu kekerasan seksual. Film-film seperti ini menyuguhkan plot yang menarik.

Tapi tidak hanya itu, film tersebut juga bisa memberikan refleksi kepada para penonton betapa pentingnya melindungi hak-hak korban kekerasan seksual. Berikut rekomendasi film Indonesia yang mengangkat isu kekerasan seksual.

1. 27 Steps of May

Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang gadis yang menjadi korban kekerasan seksual sewaktu kecil. Ia harus menghadapi trauma besar yang selama ini selalu menghantuinya. Sampai di suatu ketika, ia berjumpa dengan seorang pesulap yang sedikit demi sedikit membantunya untuk bangkit. Ia memulai proses penyembuhannya dengan dukungan dari orang-orang terkasih.

| Baca Juga: Raisa Ungkap Alasan Pembuatan Film Dokumenter ‘Harta Tahta Raisa’

2. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Berpusat kepada kehidupan Marlina, seorang janda yang tinggal sendiri di puncak perbukitan Sabana di Sumba. Ada tujuh orang pria yang ingin merampas dan memperkosa Marlina di rumahnya.

Tetapi rencana itu gagal, karena Marlina berhasil meracuni enam orang dari mereka. Satu orang lagi, saat tersadar dari tidurnya, ia justru memperkosa Marlina. Namun, dengan berani Marlina mengambil parang lalu memenggal kepalanya. Dari sinilah, perjalanan Marlina mencari keadilan dimulai.

3. Penyalin Cahaya

Film yang tayang di Netflix ini dibintangi oleh Shenina Cinnamon. Berkisah tentang seorang mahasiswi bernama Suryani, yang dijebak saat foto mabuknya diviralkan di media sosial. Mau tak mau, Suryani pun harus menemukan siapa pelakunya. Sebab, beasiswanya terancam akan dicabut karena reputasinya telah rusak.

4. Perempuan Berkelamin Darah

Perempuan Berkelamin Darah mengangkat realitas yang terjadi pada kehidupan perempuan di Pulau Rote, yang sering menjadi korban diskriminasi gender dan kekerasan seksual. Fokus cerita ini adalah perjalanan emosional seorang ibu tunggal yang anaknya menjadi korban pemerkosaan. Film ini akan menggambarkan penderitaan yang dialami oleh perempuan korban kekerasan seksual.

| Baca Juga: Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Bakal Tayang di Seluruh Indonesia

5. Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Film garapan Hanung Bramantyo ini akan segera rilis pada 22 Mei 2024 mendatang. Mengisahkan tentang seorang mahasiswi bernama Kiran, yang mencoba untuk keluar dari tekanan ekonomi yang melanda hidupnya.

Sampai pada akhirnya, ia setuju untuk menikah dengan ulama besar yang berjanji akan menanggung hidupnya. Namun sayangnya, hidupnya justru menderita karena mendapat fitnahan dari ulama itu.

Itu tadi sederet film Indonesia yang berani mengangkat isu tentang kekerasan seksual. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here