Pertama Kali, Ratu Mary Kenakan Permata Mahkota Denmark

Potret gala resmi Raja Frederik dan Ratu Mary. Foto : Steen Evald/Kongehuset
Potret gala resmi Raja Frederik dan Ratu Mary. Foto : Steen Evald/Kongehuset

Kerajaan Denmark baru saja membagikan potret gala resmi Raja dan Ratu mereka, Raja Frederik dan Ratu Mary. Keduanya tampil menawan dan berkarisma, khususnya Ratu Mary yang memakai permata mahkota Denmark untuk pertama kalinya.

Dikutip dari Town and Country, foto tersebut bakal digantung di lembaga-lembaga negara, termasuk kedutaan dan konsulat Denmark di seluruh dunia.

Potret Ratu Mary

Ratu Mary memakai permata mahkota Denmark untuk pertama kalinya. Foto : Steen Evald/Kongehuset

Ratu Mary memakai permata mahkota Denmark untuk pertama kalinya yang merupakan permata kerajaan yang bersejarah, yang biasa dikenal sebagai crown jewels.

Permata kerajaan yang bersejarah ini terdiri dari empat jenis perhiasan, yaitu tiara, kalung, anting, dan bros. Namun di potret Gala, Ratu Mary hanya mengenakan tiga, yakni tiara, kalung, dan anting.

Set crown jewels ini merupakan salah satu dari empat set perhiasan khusus yang bisa dipakai oleh seorang Ratu Denmark dan biasanya dipajang di Perbendaharaan Kastil Rosenborg.

Permata mahkota zamrud dirancang oleh CM Weisshaupt dan awalnya diberikan sebagai hadiah kepada Ratu Caroline Amalie pada tahun 1840, dan tetap berada di Denmark sepanjang waktu.

Ratu Mary juga tampak memakai lambang gajah dan insignia lainnya. Namun, yang unik dari penampilan Mary ini adalah bros berisi lukisan wajah Raja Frederik X yang disematkan di dadanya. Bros ini dilukis oleh pelukis Inggris Tom Mulliner.

Potret Raja Frederik

Raja Frederik mengenakan seragam lengkap Angkatan Laut. Foto : Steen Evald/Kongehuset

Raja Frederik mengenakan seragam lengkap Angkatan Laut. Di lehernya, dia memakai Salib Komandan Agung, pangkat tertinggi Ordo Dannebrog, dan Ordo Gajah pada rantai.

Ini merupakan simbol resmi The Order of the Elephant, orde kekesatriaan di Denmark. Sang Raja juga mengenakan berbagai insignia atau simbol kehormatan Kerajaan Denmark lainnya.

Sebagai informasi, Frederik X (Frederik André Henrik Christian)  lahir 26 Mei 1968 yang Raja dari Kerajaan Denmark. Raja Frederik telah naik tahta sejak 14 Januari 2024 dengan menggantikan ibunya, Ratu Margrethe II. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here