Sempat Takut Kena Covid-19, Ini Penyebab Citra Kirana Dilarikan ke IGD

citra-kirana-mastitis
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, peningkatan suhu tubuh sedikit saja membuat banyak orang panik. Apalagi hingga lebih dari 39 derajat Celsius. Itu pula yang terjadi pada pesinetron Citra Kirana. Gara-gara demam tinggi, perempuan yang baru melahirkan itu harus dilarikan ke IGD.

Hal itu terungkap dalam kanal YouTube Ciky Citra Rezky. “Jadi waktu itu aku merasa demam banget sampai suhu aku tuh 39,6 derajat Celsius,” terang Citra. “Pusing banget aku. Mual pusing, terus panas. Payudaranya sakit banget,” begitu salah satu keluhan yang dilontarkan Citra saat ia berada di IGD.

|Baca juga: Anak Pertama Citra Kirana Lahir, Intip Gemasnya Wajah sang Bayi

Merasakan demam yang sangat tinggi, Citra dan Rezky memiliki ketakutan tersendiri dengan Covid-19. Meski sebenarnya keluhan utama yang dirasakan Citra selain badan yang sangat panas adalah payudaranya yang sakit.

“Dan takutnya Corona juga pasti, ada kan (kekhawatiran itu), ada dong. Mangkanya kita ke RS Bina Medika, karena track-nya Citra kan masih ada di sana,” seru Rezky Adhitya. “Karena pasti kalau masuk rumah sakit lain, waduh 39,5 ini kayaknya corona deh, haduh kita pengalaman kayak gitu waktu sama mama,” lanjutnya.

Bukan Covid-19, Citra Kirana rupanya mengalami infeksi yang menyebabkan peradangan payudara pada ibu menyusui atau nama medisnya adalah mastitis.

Meski bukan termasuk gangguan kesehatan yang terlalu membahayakan, namun mastitis menyebabkan payudara terasa sakit serta badan demam. Mastitis dipicu oleh ASI yang melimpah, namun tidak dikeluarkan, sehingga terjadi pembengkakan.

|Baca juga: Jadwal Persalinan Dimajukan, Citra Kirana Ungkap Penyebabnya

“Aku masuk UGD, karena aku mengalami yang namanya mastitis. Jadi kalau ibu menyusui tuh pasti tahu apa itu mastitis,” ungkap pemain sinetron Putri yang Ditukar itu.

“Alhamdulillah ASI aku banyak, tapi aku tuh nggak kosongin, nggak dipompa. Jadi yang ada di pikiran aku tuh aku sudah nenenin Athar sering dan lama, oh berarti sudah oke nih, mompa tapi jarang” sambungnya.

Agar tak mengalami mastitis seperti dirinya, Citra Kirana menyarankan agar ibu-ibu menyusui lebih sering memompa ASInya.

“Jangan kayak aku. Aku kemarin-kemarin tipe yang males banget pumping (memompa payudara). Karena itu penting banget ternyata, aku terlalu menyepelekan. Aku merasa Athar minumnya yang udah banget, jadi aku ngerasa oke-oke aja. Sok sokan, tiba-tiba bengkak payudara aku,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here