Yuk Coba 10 Langkah Skincare ala Wanita Korea (Part 1)

0
66
Skin care korea
Foto: Net

Wanita Korea terkenal dengan kulitnya yang mulus. Ini tak lepas dari kebiasaan orang Korea, yang rajin merawat kulitnya dengan beberapa skincare, sejak remaja.

Berbeda dengan kebanyakan orang, yang baru mulai merawat wajahnya, saat gangguan pada kulit mulai muncul. Seperti tanda-tanda kerutan, atau noda yang mengganggu.

Berbeda dari kebiasaan orang Amerika atau Eropa, yang hanya tertarik menggunakan 3-5 produk skincare, dan makeup saja. Orang Korea justru lebih tertarik untuk memperbanyak produk perawatan wajah.

Nah, sekarang coba yuk 10 langkah perawatan ala Korea, dan buktikan manfaatnya!

1. Cleanse (basic)

Cleanser
Foto: Banila/Into the gloss

Langkah awal yaitu menghilangkan kotoran, yang masih menempel pada kulit wajah. Kotoran yang dimaksud bisa berupa sisa makeup, debu, asap atau kotoran lain, yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Pembersih berbahan dasar minyak, bisa jadi pilihan yang tepat untuk atasi masalah tersebut. Karena pembersih berbahan dasar air saja, kadang masih meninggalkan residu.

Baca juga: 12 Manfaat Kulit Pisang yang Dapat Diaplikasikan dengan Sederhana

Mulailah dengan membersihkan riasan pada mata, serta sisa-sisa lipstik yang masih menempel, menggunakan makeup remover. Kemudian gunakan pembersih wajah, yang berbahan dasar minyak. Langkah ini bisa dilakukan ketika malam hari.

2. Double cleanse

Double-cleanser
Foto: Aniqa/Beautytap

Langkah selanjutnya, cuci wajah secara keseluruhan dengan sabun wajah, yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan memilih sabun wajah, yang dapat menghilangkan sisa pembersih berbahan dasar minyak.

Langkah ini biasanya dinamakan double cleanser. Fungsinya untuk memastikan semua kotoran yang tersisa dapat terangkat semua. Manfaat lainnya, untuk mengembalikan pH kulit menjadi seimbang, tanpa mengangkat minyak alami yang dihasilkan kulit.

Baca juga: 6 Teknik Makeup Kekinian Yang Mudah Untuk Diaplikasikan Sendiri

Facial foam cleanser juga bisa diganti dengan cleansing milk atau pembersih berbasis air (water base cleanser).

3. Exfoliate

Exfoliate
Foto: Priceprice/PerfumeA2Z

Untuk mendapatkan kulit yang lebih bercahaya dan mengkilap, lakukan exfoliating atau pengelupasan. Langkah ini penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Lakukan exfoliating dengan scrubber bahan alami, selama satu atau dua kali seminggu. Utamakan scrubbing pada daerah T-zone dan sekitar hidung.

4. Toner

Toner
Foto: MarinaBlueEyes

Memakai toner merupakan hal yang paling penting dalam skincare. Langkah ini sering diabaikan, padahal manfaatnya sangat terasa jika rutin dilakukan. Pemakaian toner bertujuan untuk menghidrasi kulit, dan menyeimbangkan pH kulit wajah.

Produk toner dari Amerika, umumnya mengandung banyak alkohol. Sedangkan produk toner Korea, biasanya dari bahan ringan.

Toner Korea sedikit lebih kental dari air, dan mengandung hyaluronic acid, witch hazel serta aloe vera extract, untuk melembabkan dan mengencangkan kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Sendok bagi Kecantikan yang Penting untuk Dicontoh

Sebagai saran, gunakan toner yang sedikit mengandung alkohol. Basahi kapas dengan toner, dan gosokkan ke wajah. Atau bisa juga langsung semprotkan pada wajah, dan tepuk-tepuk agar meresap.

5. Essence

Essence
Foto: Sokoglam/Glow Recipe

Komponen yang paling utama, bahkan ada yang menyebutnya sebagai ‘jantung’ dari rutinitas perawatan kulit Korea. Hal itu tak lain adalah penggunaan essence, yang merupakan persilangan antara pelembab dan toner.

Fungsinya untuk meregenerasi sel baru, dan menghidrasi kulit. Kegunaan lainnya adalah untuk menyamarkan noda hitam, mengurangi keriput, menghaluskan dan mengencangkan kulit, serta membuat wajah lebih merona.

Essence yang biasanya digunakan oleh orang korea ada dua, yaitu first essence dan regular essence. Kedua jenis essence ini memang mirip dan memiliki tekstur yang sama.

Baca juga: Solusi 4 Jenis Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

Namun, tidak semua orang yang melakukan perawatan ala Korea ini, menggunakan first essence. Lain halnya dengan regular essence, yang dianggap sudah menjadi bagian wajib.

Aplikasikan essence pada wajah, dengan menepuk-nepuk hingga meresap. Setelah penggunaan beberapa hari, kulit akan lebih lembab dan kenyal. (*)