6 Teknik Makeup Kekinian Yang Mudah Untuk Diaplikasikan Sendiri

0
566
teknik-makeup
Foto: Pinterest

Kulit wajah terlihat glowing, dewy dan sehat. Begitu keinginan hampir semua wanita terhadap look wajahnya. Jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diakali hanya dengan mengenakan makeup.

Belakangan ini sedang hits beberapa teknik makeup yang mudah diaplikasikan sendiri dan hasilnya seperti yang diharapkan di atas. Nah, intip yuk, apa saja rekomendasi teknik makeup yang sedang populer di kalangan anak muda ini!

1. No Makeup Makeup look

no-makeup-makeup
Foto: Pinterest

No makeup-makeup look atau riasan wajah yang natural seolah tidak menggunakan makeup, sedang digemari oleh para influencer untuk riasan sehari-hari. Tujuan teknik ini adalah membuat kulit wajah terlihat glowing dan kenyal.

Kamu juga bisa mengaplikasikan teknik ini sendiri. Pertama gunakan tinted moisturizer dahulu. Jika ingin full coverage, gunakan sedikit foundation. Kemudian pakai highlighter pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan. Terakhir gunakan lipgloss pink atau lipstik dengan warna soft beserta blush on yang sangat tipis pada tulang pipi.

2. Baking

baking
Foto: Pinterest

Baking mulai populer setelah artis seperti Kim Kardashian dan Mario Makeup mencoba ber-makeup menggunakan teknik ini. Hasil riasan menggunakan teknik baking ini cukup bertahan lama dan terihat flawless.

Baking diambil dari kata bake, namun bukan berarti meng-oven atau memanaskan produk makeup. Akan tetapi ini merupakan proses ‘memanaskan’ bedak tabur di atas wajah yang sebelumnya sudah dilapisi foundation.

Diamkan bedak tabur pada wajah sekitar 10 menit dan kemudian baru diratakan. Hasilnya akan terlihat lebih coverage. Tapi, tidak semua bagian diberi bedak tabur. Kenakan dibagian inti misalnya mata dan pipi.

Baca juga: 3 Bahan Alami Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mengganggu

Baking di bawah mata berfungsi untuk menguatkan concealer agar mata panda tersamarkan. Sedangkan proses baking pada pipi, berfungsi membuat pipi nampak lebih tirus.

3. Foiling

foiling
Foto: Pinterest

Pasti menjengkelkan bukan ketika eyeshadow-mu terlihat tidak pigmented? Teknik foiling dapat menyelamatkan masalah penggunaan eyeshadow-mu, lho!

Foiling merupakan teknik mengaplikasikan eyeshadow dengan menggunakan brush yang dicelup kedalam air sehingga menghasilkan efek basah seperti foil. Setelah diaplikasikan pada kelopak mata, eyeshadow akan lebih nampak, mudah untuk di blend, dan hasilnya akan bertahan lebih lama.

4. Draping

draping
Foto: Pinterest

Teknik Draping atau yang dulu disebut teknik color grow, dicetuskan oleh Way Bandy, seorang perias terkenal di era 70-an. Belakangan, teknik ini kembali populer setelah banyak model yang tampil percaya diri ber-makeup dengan cara ini.

Draping adalah teknik rias yang memanfaatkan blush on sebagai pengganti contour. Secara umum, Blush on diaplikasikan pada area yang sama seperti contour yaitu tulang pipi dengan bentuk seperti huruf C.

Baca juga: 5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Kulit

Warna blush on yang lebih gelap digunakan di bawah tulang pipi, leher serta rahang. Sedangkan blush on berwarna terang gunakan diatas tulang pipi. Warna terang juga memungkinkan untuk diterapkan pada area lain seperti kening dan tulang alis. Teknik draping juga bagus digunakan untuk gradasi warna.

5. Strobing

strobing
Foto: Pinterest

Jika sebelumnya teknik contouring menjadi andalan dalam berias, kini teknik tersebut perlahan mulai ditinggalkan dan beralih pada teknik strobing. Contouring lebih berfokus pada pembuatan bayangan wajah agar terlihat lebih tirus dan menyembunyikan bagian yang tidak diinginkan. Sedangkan strobing berfokus agar bagian wajah tertentu terlihat glowing.

Dalam teknik strobing, penggunaan contour cream dengan shade lebih gelap dari warna kulit tidak dibutuhkan lagi. Namun cukup mengenakan highlighter kemudian diaplikasikan ke bagian wajah yang biasanya terkena cahaya seperti tulang pipi, ujung hidung, tulang dahi, tulang alis mata, peilipis dan dagu.

6. Buffing

buffing
Foto: Pinterest

Jika ingin makeup-mu dapat bertahan lama hingga belasan jam dan tidak retak selama waktu tersebut, coba terapkan teknik buffing. Cara kerja teknik buffing ini adalah dengan mengaplikasikan foundation padat menggunakan buffing brush atau kuas makeup dengan helaian yang padat. Gerakkan buffing brush memutar serta menekan wajah dengan cepat sehingga warna foundation seakan menyatu dengan warna kulit dan terlihat lebih merata. (*)