Sutradara Legendaris Roger Corman Wafat, Dikenal Raja Film-B

Roger Corman meninggal di usia 98 tahun. Foto : Instagram/rogercorman
Roger Corman meninggal di usia 98 tahun. Foto : Instagram/rogercorman

Sutradara legendaris Roger Corman yang dikenal sebagai raja film-B atau film dengan biaya produksi rendah, meninggal dunia di usia 98 tahun. Menurut laporan Variety, pihak keluarga mengonfirmasi Corman wafat pada Kamis (9/5).

Roger Corman meninggal di rumahnya Santa Monica, California. “Film-filmnya revolusioner dan ikonoklastik, memperlihatkan semangat dari sebuah zaman. Ketika ditanya bagaimana dia ingin dikenang, dia (hanya) berkata, ‘Saya adalah seorang pembuat film’, cuma itu,” kata keluarganya dalam sebuah pernyataan.

Roger Corman lahir di Detroit pada tanggal 5 April 1926. Ayahnya, William, adalah seorang insinyur. Awalnya, Corman kelihatan bakal mengikuti jejak ayahnya dengan menerima gelar sarjana teknik industri dari Universitas Stanford.

| Baca Juga: Bernard Hill, Aktor Lord of the Rings dan Titanic Meninggal Dunia

Tapi, setelah empat hari melakoni pekerjaan pertamanya sebagai sarjana di US Electrical Motors di Los Angeles, Corman sadar dirinya menginginkan pekerjaan di bidang film. Kemudian ia berangkat ke 20th Century Fox dan mendapat pekerjaan sebagai kurir.

Karena gagal membuat banyak kemajuan, ia berangkat ke Eropa di mana ia belajar sebentar sastra Inggris di Oxford. Ia kembali ke AS dengan ambisi menjadi penulis skenario.

Corman kemudian menjual naskah pertamanya pada tahun 1953. Naskah itu diangkat menjadi film dengan judul Highway Dragnet pada tahun berikutnya, di mana Corman menjadi salah satu sutradara dalam film tersebut.

| Baca Juga: Film Vina Ramai Diperbincangkan, Polda Jabar Buka Suara

Corman juga mendirikan dua perusahaan distribusi film independen New World Picture dan New Concorde yang berhasil mencetak keuntungan besar. Corman merupakan ahli dalam pembuatan film anggaran rendah dan memiliki alur cepat lintas genre mulai dari horor, aksi, hingga fiksi sains.

Perusahaan bentukannya menjadi tempat menimba ilmu para aktor kawakan seperti Jack Nicholson dan Robert de Niro hingga sutradara terkenal Francis Ford Coppola dan Martin Scorsese.

Nicholson memulai debutnya di layar lebar pada usia 21 tahun saat membintangi film garapan Corman, yakni “The Cry Baby Killer” (1958). Corman juga pernah merekrut Scorsese muda untuk menjadi sutradara film “Boxcar Bertha” (1972).

| Baca Juga: Sukses Bikin Gelak Tawa, Film Agak Laen Bakal Punya Sekuel

Corman dikenal lewat karya-karyanya seperti “The Little Shop of Horrors” (1960), serangkaian film adaptasi dari karya penulis Edgar Allan Poe, dan “The Wild Angels” (1966) yang berhasil membawanya ke Premiere Presentation di ajang Venice Film Festival.

Corman juga pernah menggarap film kontroversial “The Trip” (1967) yang mengangkat tema narkotika LSD dimana dia menjadi salah satu produser pertama yang mengakui kekuatan citra negatif di mata publik. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here