Solusi 4 Jenis Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

kantung-mata
Foto: Desakabut

Kantung mata atau mata panda, menjadi hal yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Pasalnya, mata akan terlihat kurang fresh ketika dipandang.

Tak hanya satu, nyatanya ada empat jenis kantung mata yang umumnya dikeluhkan. Simak yuk, keempat jenis kantung mata yang wajib kamu ketahui, beserta solusi untuk menghilangkannya.

Berwarna kebiruan

kantung-mata-kebiruan
Foto: seoanthrax/net

Kantung mata dengan warna kebiruan, umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak seimbang. Warna kebiruan ini muncul ketika stres, kurang istirahat maupun dampak alergi.

Hal tersebut terjadi, ketika oksigen pada daerah itu tersumbat dan membuat penumpukan sel darah. Namun jangan khawatir, kantung mata biru bersifat sementara.

Baca juga: 3 Bahan Alami Penghilang Mata Panda

Untuk menghilangkan warna ini, coba dengan istirahat yang cukup. Pastikan posisi tidur tidak membuat area mata tertekan.

Hindari bermain handphone dalam ruang gelap. Jangan mengucek mata walaupun terasa gatal, karena bakteri pada tangan berpotensi untuk masuk kedalam mata.

Berwarna Kecoklatan 

kantung-mata-kecoklatan
Foto: web kesehatan

Biasanya, kantung mata dengan warna hitam kecoklatan diakibatkan oleh faktor genetik. Seiring bertambahnya usia, kantung mata ini akan semakin nampak terlihat. Faktor lain, adalah paparan sinar matahari atau pigmentasi.

Kantung mata dengan jenis ini memang sulit untuk dihilangkan. Namun coba untuk tidak berada langsung dibawah paparan sinar matahari.

Baca juga: 8 Tips Make Up Mudah dan Unik Agar Tampilan Makin Sempurna

Gunakan sunscreen atau eye cream untuk melindungi mata dari radiasi matahari. Coba juga gunakan produk perawatan area mata, yang mengandung vitamin c, niacinamide, retinoid maupun brightening eyes sheet mask.

Berwarna Keunguan

kantung-mata-ungu
Foto: Anata/Line

Jika melihat kantung mata dengan warna merah keunguan, itu tandanya kulit di area tersebut mengalami penipisan sehingga terlihat pembuluh darahnya.

Penuaan menjadi salah satu faktornya. Untuk yang memiliki kulit putih, warna keunguan ini akan terlihat sangat jelas.

Baca juga: 8 Makanan yang Bikin Kulitmu Kinclong Sempurna

Solusinya adalah gunakan eye cream yang mengandung retinol, untuk mengencangkan kulit disekitar kantung mata, sehingga pembuluh darah yang menonjol dapat tersamarkan. Gunakan anti aging untuk menunda penuaan.

Berbayang 

kantung-mata-berbayang
Foto: Buzzy

Kantung mata yang tidak berwarna namun hanya terlihat berbayang, disebabkan karena bertambahnya usia, berat bedan yang turun dengan drastis maupun volume otot disekitar mata yang berkurang. Bayangan ini juga bisa terlihat ketika struktur tulang mata kita yang memang sudah cekung.

Baca juga: 5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Rambut

Pastikan selalu menghapus makeup sebelum tidur, atau jika kebutuhan makeup sudah selesai. Gunakan selalu pelembab, agar area sekitar mata tidak kering. Jangan gunakan concealer dengan formula yang berat.

Jika ingin menghilangkan kantung mata berbayang secara instan dan mudah, gunakan prosedur filling dengan hyaluronic acid dan hydroxylapatite, namun tentunya melalui ahli dermatologi dan dengan biaya yang tidak sedikit. (*/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here