8 Makanan yang Bikin Kulitmu Kinclong Sempurna

0
216
Foto : Akis Petretzikis

Pengen gak sih, punya kulit yang mulus? Apalagi sudah kelihatan kinclong, tanpa menambahkan filter Instagram. Asik banget pastinya, bukan?

Ternyata, hal tersebut bukanlah tidak mungkin. Rahasianya adalah makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin dan berbagai nutrisi lainnya. Kandungan tersebut bisa membuat kulit berkilau. Eits, tapi jangan lupa ditambah dengan perawatan kulit yang baik, biar lebih glowy.

Mau tahu makanan apa aja? Yuk, simak paparannya di bawah ini.

1Jeruk, Anggur, lemon dan jeruk nipis

Foto: Livescience

Tak hanya segar untuk minuman, jeruk, anggur, lemon dan jeruk nipis, juga baik untuk menutrisi kulit.  Buah-buahan tersebut terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Vitamin tersebut adalah antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, garis halus dan hiperpigmentasi. Selain itu, vitamin C juga berfungsi untuk membantu kulit memproduksi kolagen.

“Vitamin ini adalah kunci untuk perbaikan kulit,” ucap Mirela Mitan, CEO dan pendiri perusahaan skincare MMXV INFINITUDE.

2Blueberry

Foto: Life Spa

Buah ini sebenarnya tidak berwarna biru, tapi ungu tua. Warna tersebut, membuktikan tingginya antioksidan, khususnya yang melawan kanker seperti antosianin, dan yang melawan inflamasi, bioflavonoids.

Mirela mengatakan bahwa makan buah blueberry, dapat membersihkan kulit. Racun-racun seperti radikal bebas pun, akan dibuang keluar dari tubuh.

Baca juga: 7 Barang Unik nan Berguna Untuk Kado Pernikahan Sahabat

3Teh hijau

Foto: Reader’s Digest

Teh hijau memang terkenal dengan berbagai manfaatnya, termasuk untuk keindahan kulit. Seduh teh hijau dalam air hangat, karena dengan begitu kandungan katekin akan keluar.

Menurut Bonnie Taub-Dix, R.D.N., kreator dari BetterThanDieting.com, dan penulis buku Read It Before You Eat It: Taking You from Label to Table, senyawa tersebut adalah salah satu tipe antioksidan yang berguna untuk mencegah inflamasi, sekaligus anti-kanker yang membantu meningkatkan peredaran darah untuk kulit. Jangan lupa untuk meminumnya selagi hangat, karena kandungan antioksidan tersebut, akan berkurang saat teh menjadi dingin.

Sebuah penelitian juga telah dilakukan tahun 2007, dan diterbitkan di The Journal of Nutritional Biochemistry, yang membuktikan bahwa manfaat tersebut bukanlah omongan semata. Meminum 2 gelas teh hijau setiap hari, bisa mencegah kanker kulit. Tapi tetap jangan lupa untuk menggunakan sunscereen.

4Kaldu tulang

Foto: Dr. Axe

Banyak sekali kalangan selebriti dan beauty influencer yang mengganti kebiasaan minum kopi dengan kaldu tulang, sebagai rutinitas mereka di pagi hari. Bukan tanpa sebab, ternyata minuman tersebut kaya akan kolagen.

Tak hanya tinggi kolagen, kandungan tertinggi protein tubuh, juga terdapat pada kulit, tulang, otot dan urat.

Mengkonsumsi kolagen, bisa meningkatkan elastisitas dan menghidrasi kulit, sehingga terlihat lebih sehat.

Baca juga: Cheese Tart Memang Menggiurkan, Tapi Berlebihan Bisa Mengerikan!

5Bayam

Foto: Farming ID

Bayam dan sayuran hijau, adalah makanan pencegah kanker. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer menyebutkan, bahwa mengonsumsi sayuran tersebut bisa mengurangi resiko kanker kulit.

Bayam memiliki kandungan vitamen E dan beta karoten yang melindungi sel dari bahaya radikal bebas (penyebab kanker kulit dan tanda-tanda penuaan seperti hiperpigmentasi, dan garis halus).

6Ketela

Foto: Cooking Light

Tahu gak sih, kalau ketela mengandung vitamin c yang tinggi? Dan kita sudah membahas manfaatnya di nomer 1, yang salah satunya adalah menghaluskan kerutan.

Bahkan, dalam sebuah penelitan menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi 4 miligram vitamin C setiap harinya, selama 3 tahun, maka kerutan-kerutan mereka berkurang sebesar 11 persen.

Selain itu, kandungan beta karoten yang tinggi, juga merupakan salah satu faktor yang membuat kulit terlihat lebih muda.

Baca juga: 6 Makanan ini Diam-diam Ganggu Proses Dietmu

7Tomat

Foto: Delish

Tahu tidak, kenapa tomat berwarna merah? Hal tersebut dikarenakan buah tomat memiliki kandungan senyawa kimia, likopen. Zat ini memiliki manfaat besar untuk kulit, membantu menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit.

Dikutip dari Women’s Health, zat jahat seperti radikal bebas tersebut, biasa diperoleh dari sinar ultraviolet. Nah, ternyata tubuh kalian bisa mendapatkan likopen terbanyak dari sayuran yang dipanaskan. Setengah cangkir dari tomat yang dimasak, atau saus pasta mengandung 16 miligram likopen, termasuk tabir surya.

Makanya, ini adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi pizza atau pun pasta dengan saus tomat, guys!!

8Tuna

Foto: Oceana

Ikan laut ini mengandung selenium, nutrisi yang memelihara elastin, protein yang menjaga kulit agar tetap lembut dan kencang. Antioksidan tersebut, dipercaya menghindarkan kandungan-kandungan jahat dari sinar matahari, termasuk radikal bebas dari paparan ultraviolet.

Selain itu, tuna juga mengandung asam lemak omega-3 yang membantu memelihara kolagen, melawan inflamasi dan menjaga kulit tetap kencang. Tiga ons ikan tuna atau setengah kaleng per hari, bisa membuat kulit anda lebih indah.