5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Rambut

0
112
Foto: Pexels

Selain bermanfaat untuk kesehatan, air kelapa juga bisa digunakan untuk merawat rambut. Tidak hanya diminum, tapi juga dengan diaplikasikan secara langsung.

Berikut manfaat air kelapa untuk merawat rambut :

Mengatasi Kusam dan Kering

Air kelapa bisa digunakan untuk mengatasi rambut kusam dan kering. Caranya, gunakan air kelapa untuk memijat kulit kepala, dan mencuci rambut sebelum mandi. Lakukan perawatan tersebut dua kali seminggu. Air kelapa juga bermanfaat sebagai kondisioner alami, yang bisa melembutkan rambut.

Mencegah Rontok

Memijat kulit kepala dengan air kelapa, dapat meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut, sekaligus memperkuat folikel rambut dan meningkatkan kepadatannya. Dengan begitu, rambut akan menjadi lebih kuat, dan terhindar dari kerontokan.

Mencegah Ketombe

Air kelapa bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mencegah kulit kepala gatal, ketombe, dan infeksi lain yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Itu juga berarti air kelapa mampu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga jadi lebih lebat.

Caranya, oleskan air kelapa pada kulit kepala disertai pemijatan ringan. Atau, gunakan air kelapa untuk membilas rambut setelah keramas. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Melembutkan

Asam laurat dalam air kelapa bersifat mendinginkan, melindungi protein dan akar rambut, sehingga mencegah dari kerusakan. Nutrisi dalam air kelapa, mampu menembus ke dalam batang rambut, sehingga menjadi lebih lembut.

Membuat Bercahaya

Air kelapa kaya akan vitamin K dan zat besi, yang sangat bermanfaat untuk menutrisi rambut, sehingga jadi lebih lembut dan tampak bercahaya.• hen/bbs/rez