12 Manfaat Kulit Pisang yang Dapat Diaplikasikan dengan Sederhana

0
610
Manfaat kulit pisang
Foto: Pinterest

Tanaman pisang sering dijuluki sebagai tanaman dengan 1001 manfaat. Kenapa demikian? Karena hampir semua bagiannya berguna. Bukan hanya buah, tapi akar, batang, daun, bahkan getahnya pun bisa dimanfaatkan. Nah, kali ini kita akan mengupas tentang manfaat kulit pisang.

Manfaat kulit pisang dapat ditemui dalam beberapa ruang lingkup. Diantaranya bidang kesehatan, kecantikan, kuliner, serta kerajinan.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, protein dan lemak yang cukup.

Baca juga: Solusi 4 Jenis Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

Jika selama ini kita menganggap kulit pisang sebagai sampah. Maka sudah saatnya kita mengetahui apa saja manfaat kulit pisang. Seperti yang dilansir dari Stylecraze dan beberapa sumber lain, berikut adalah manfaat kulit pisang yang bisa diaplikasikan secara sederhana.

1. Memutihkan gigi

Manfaat kulit pisang
Foto: Net

Kulit pisang mengandung mangan, potasium dan magnesium. Kandungan tersebut berguna untuk memutihkan gigi.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit pisang, secara melingkar ke bagian gigi selama dua hingga lima menit. Diamkan selama satu menit, lalu sempurnakan dengan menyikat gigi seperti biasa.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan selama satu atau dua minggu. Cara ini cukup ampuh untuk memutihkan gigi, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

2. Menghilangkan jerawat

Kandungan antioksidan dan anti jamur pada kulit pisang, berguna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Di samping itu, juga berguna untuk mengatasi rasa gatal, serta iritasi pada kulit yang berjerawat.

Cara yang dilakukan cukup mudah. Kulit pisang yang masih berwarna kuning digosok-gosokkan pada wajah, selama kurang lebih 10 menit. Jika warna kulit pisang sudah menghitam, maka sebaiknya segera diganti dengan kulit pisang yang baru.

Kemudian diamkan selama setengah sampai satu jam, lalu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur, noda jerawat yang tampak kemerah-merahan akan memudar.

3. Meminimalkan mata panda

Manfaat kulit pisang
Foto: Net

Bagi yang memiliki mata panda, atau kantung mata tak perlu risau. Campuran kulit pisang serta gel lidah buaya, dapat digunakan untuk meminimalkan noda hitam di sekitar area mata.

Caranya cukup mudah, bagian dalam kulit pisang dan gel lidah buaya dicampur hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan di sekitar area mata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Mengurangi kerut di wajah

Manfaat kulit pisang
Foto: Net

Ada dua cara mengurangi kerut di wajah dengan kulit pisang. Cara pertama menggunakan campuran kulit pisang, dan kuning telur. Aplikasikan sebagai masker wajah, diamkan selama lima menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Cara kedua adalah menggunakan kulit pisang dan satu sendok teh madu. Aplikasikan sebagai masker wajah, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan handuk hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan tiga kali dalam seminggu.

5. Menghilangkan kutil

Kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil, yang dirasa mengganggu. Caranya, dengan diaplikasikan pada bagian kulit yang terinfeksi kutil. Sebaiknya rutin dilakukan setiap malam, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Dikonsumsi

Rupanya tak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, tapi kulit pisang pun bisa dimakan. Ada beberapa resep dari masakan India, yang menggunakan kulit pisang sebagai bahan makanan. Di samping itu, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengempukkan daging ayam.

7. Sebagai anti depresi

Kulit pisang mengandung triptofan, yang berguna menaikkan kadar serotonin yang berfungsi memperbaiki suasana hati. Sebuah penelitian dari pakar di Amerika menyebutkan, jus kulit pisang hangat dapat meredakan tekanan emosi.

8. Menyembuhkan gigitan serangga

Manfaat kulit pisang
Foto: Net

Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai cara instan untuk menghilangkan rasa gatal. Tak hanya itu, kemerahan pada kulit akibat gigitan serangga juga bisa diatasi oleh kulit pisang. Caranya mudah, yaitu cukup digosokkan pada kulit yang terinfeksi.

9. Penghilang sakit

Kulit pisang dapat diaplikasikan untuk meredakan rasa sakit di kulit. Diamkan kulit pisang selama 30 menit, pada area yang terasa sakit. Atau bisa juga mencampurkannya dengan minyak sayur untuk hasil lebih maksimal.

10. Menyembuhkan Psoriasis

Kulit pisang yang bersifat melembapkan kulit ini, dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi psoriasis. Psoriasis sendiri merupakan penyakit kulit bersisik, berwarna agak perak dan merah, serta perih dan gatal.

11. Merawat sepatu, kulit, dan perak

Manfaat kulit pisang
Foto: Net

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata kulit pisang juga berfungsi untuk merawat benda-benda disekitar, agar tampak mengkilap. Misalnya saja sepatu yang sudah agak kusam, dapat dibuat mengkilap kembali dengan menggosok kulit pisang ke sepatu. Seperti halnya mengaplikasikan semir sepatu.

12. UV protection

Fakta lain tentang kulit pisang, yaitu dapat melindungi mata dari paparan sinar UV. Terlebih dahulu jemur kulit pisang selama beberapa saat. Kemudian aplikasikan pada area kelopak mata. Jika kita melakukannya secara rutin, hal ini bisa menurunkan resiko terkena katarak.

Nah, itu tadi adalah manfaat-manfaat kulit pisang. Mudah kan? Yuk, mulai manfaatkan kulit pisang! (*)