5 Rekomendasi Takjil Goyang Lidah yang Menggoda Iman

rekomendasi-takjil-buka-puasa
Foto: Bukalapak

Setelah sehari penuh menahan lapar dan dahaga, asik banget pastinya kalau berbuka dengan yang segar-segar. Sajian takjil, seakan jadi hal yang harus ada di atas meja makan.

Bagi kalian yang masih bingung, yuk intip rekomendasi takjil segar yang menggoyang lidah. Eits, bagi kalian yang sedang berpuasa, ulasan ini ‘berbahaya’ untuk dibaca di siang hari.

1. Es dawet

View this post on Instagram

A post shared by Marga | Food & Travel Blogger (@margaapsari) on

Segelas es dawet jadi salah satu opsi takjil yang tepat. Tekstur dawet yang lembut dan kenyal, ditambah manisnya gula merah dan cita rasa gurih santan. 

2. Es oyen

View this post on Instagram

A post shared by Uenak Puoll Indonesia (@uenak_puoll) on

Segarnya es batu serut, dipadu dengan susu kental manis. Tak lupa potongan buah-buahan seperti avokad, kelapa muda, nangka dan durian. Sagu mutiara, juga jadi unsur penting dari es khas Bandung ini. Berbuka puasa dengan semangkuk es oyen? Why not!

3. Kolak

View this post on Instagram

A post shared by RESEP MASAKAN NUSANTARA (@galerimasakan_) on

Bagi kalian yang kurang suka berbuka dengan takjil dingin, kolak hangat bisa jadi opsi tepat. Kuah manis dari campuran santan dan gula, ditambah tekstur lembut pisang pastinya akan jadi pereda rasa lapar kalian.

4. Es rumput laut

View this post on Instagram

A post shared by Kuliner Pekanbaru (@pku.eatery) on

Potongan buah, seperti pepaya dan avokad, ditambah kenyalnya rumput laut, disiram dengan kuah susu kental manis. Mungkin yang satu ini, bisa masuk daftar menu takjil kalian.

5. Es pisang ijo

View this post on Instagram

A post shared by Menu resep masakan (@menuresepmasakan) on

Menu takjil yang satu ini sempat booming beberapa tahun lalu. Namun, hingga sekarang peminatnya juga masih tinggi. Terbukti penjaja es pisang ijo masih begitu mudah untuk ditemui.

Baca juga: Makna Tersembunyi di Balik Angka pada Stiker Buah Impor

Es pisang ijo dibuat dari pisang raja yang dibalut adonan tepung beras yang dicampur dengan perasan daun pandan dan suji. Disajikan dengan es serut, kuah santan dan disiram dengan sirup manis.

Nah, dari kelima rekomendasi takjil di atas mana yang kalian pilih untuk berbuka hari ini? (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here