Makna Tersembunyi di Balik Angka pada Stiker Buah Impor

0
255
Foto: myfearlesskitchen.com

Ada banyak hal kecil di sekitar kita, namun kita tidak paham apa maknanya. Salah satunya adalah stiker yang biasa kita jumpai, pada buah atau sayuran impor. Memang terlihat sepele, tetapi harus kita perhatikan baik-baik.

Jika dilihat baik-baik, pada stiker tersebut terdapat angka yang berfungsi sebagai kode, perihal bagaimana cara buah dan sayur tersebut tumbuh.

Dikutip dari International Federation for Produce Standards (IFPS), kode ini disebut dengan PLU, singkatan dari price-look-up. Sehingga dengan adanya kode PLU, maka distributor dapat memastikan harga yang sesuai dibayar oleh konsumen.

Mau tahu arti kodenya? Yuk simak informasi yang dilansir dari Business Insider, di bawah ini.

Empat angka, dimulai dengan angka 3 atau 4

Foto: Sharon Mollerus/Flickr
Foto: en.bcdn.biz

Jika terdapat empat digit dan diawali dengan angka 3 atau 4, kode ini memiliki arti bahwa buah dan sayuran tersebut ditanam dan dirawat secara konvensional. Yakni, dengan menggunakan pupuk buatan dan juga pestisida.

Baca juga: Cheese Tart Memang Menggiurkan, Tapi Berlebihan Bisa Mengerikan!

Lima angka, dimulai dengan angka 8

Foto: Storyfox

Kode stiker, yang terdiri dari lima digit dan dimulai dengan angka 5, menandakan bahwa buah atau sayur tersebut ditanam dengan rekayasa genetik. Metode ini masih menuai pro dan kontra karena dinilai mengurangi nilai gizi.

Namun produk dengan kode ini, sudah banyak beredar. Buah dan sayur seperti jagung, apel, pisang, melon dan pepaya, adalah jenis yang sering dimodifikasi.

Meski begitu, menurut Horti Daily, jika kode buah atau sayur tersebut diawali dengan angka 83 atau 84, berarti buah atau sayur tersebut bisa juga telah dibudidayakan dengan cara organik, namun tetap melalui proses rekayasa genetik.

Lima angka, dimulai dengan angka 9

Foto: oceanmist.com
Foto: dontwastethecrumbs.com

Apabila kode terdiri dari lima digit dan diawali dengan angka 9, artinya buah-buahan serta sayuran tersebut, pasti diproduksi secara organik dan tanpa rekayasa genetika. Selain itu, buah dan sayur dengan kode ini, ditanam menggunakan metode pertanian yang alami dan tanpa zat kimia.

Bagaimana jika buah yang akan Anda beli tak memiliki kode PLU? Tidak ada stiker dan kode, bukan lantas menjadikan buah dan sayur impor tersebut aman.

Pasalnya, buah dan sayuran impor harus selalu diberi label stiker, sesuai dengan peraturan dari International Federation for Produce Standards (IFPS). Bila tak ada stiker kode pada buah tersebut, kemungkinannya stiker telah dilepas demi alasan tertentu.