5 Tips untuk Freelancer Agar Tetap Fokus dalam Bekerja

0
56
Foto : Tomorrow Makers

Saat ini, tak sedikit perusahaan yang tidak lagi mewajibkan karyawannya untuk bekerja di kantor. Hal ini memungkinkan kalian untuk menjadi freelancer (pekerja lepas, red), dengan jam dan tempat kerja yang fleksibel.

Hal ini juga membuka peluang untuk freelancer, bekerja pada lebih dari satu perusahaan. Pola kerja seperti ini bisa memberikan keuntungan, tetapi di sisi lain juga bisa memberikan kerugian. Kebebasan yang dimiliki freelancer, juga bisa mengurangi fokus dan menurunkan produktivitas.

Bagi kalian yang ingin tetap fokus selama bekerja, yuk, ikuti lima tips freelance berikut ini!

1. Ciptakan mood kerja positif

Tips untuk freelancer meditasi
Foto: Big Think

Banyak orang yang merasa mager (males gerak, red) ketika bekerja di kantor, apalagi ketika kalian bekerja di rumah. Untuk menghalau mood tersebut, mulailah hari kalian dengan hal yang positif. Seperti berolahraga kecil, meditasi dan sarapan sehat.

Baca juga: 6 Makanan ini Diam-diam Ganggu Proses Dietmu

2. Buat dan tepati jadwal

Tips untuk freelancer
Foto: Daily Caring

Kelebihan dari freelancer adalah, waktu kerja yang dapat diatur sendiri. Hal ini juga bisa menjadi kekurangan, karena seringnya menggampangkan waktu kerja. Untuk menghindari hal ini, buatlah jadwal kerja dan pasang di dalam kamar kalian.

Agar kalian tidak merasa dipaksa bekerja, sesuaikan jadwal tersebut dengan tingkat produktivitas kalian. Misalnya jika kalian lebih produktif di malam hari, maka buatlah jadwal kerja untuk malam hari, begitu juga sebaliknya.

Kalian juga bisa memilih untuk bekerja langsung untuk 8 jam, ataupun membaginya secara bertahap. Yang pasti kalian harus menepati jadwal tersebut, agar deadline tidak terbengkalai.

Baca juga: Tips Agar Terlihat Keren Saat Menggunakan Skinny Jeans

3. Minimalisir penggunaan media sosial

Tips untuk freelancer
Foto: Huffington Post

Sebagai milenial, pasti sering banget muncul keinginan untuk melihat media sosial. Itulah kenapa penting sekali untuk mematikan notifikasi dari aplikasi tersebut, baik di smartphone maupun komputer, pada saat kalian bekerja.

Pasalnya, status-status yang dipasang oleh teman kalian di media sosial dapat membuat jemari tak tahan untuk memberikan komentar, atau bahkan ikut mengunggah status juga. Hal ini tentu dapat membuang banyak waktu bekerja kalian.

Baca juga: 6 Rahasia Jane Seymour Agar Terlihat 20 Tahun lebih Muda

4. Dengarkan musik favorit

Tips untuk freelancer
Foto: GineersNow

Sebuah studi mengatakan, bahwa musik bisa menaikkan produktivitas. Apalagi musik tersebut adalah musik favorit kalian.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan ini adalah, volume dari musik yang kalian putar. Karena volume yang besar justru dapat merusak konsentrasi. Sebaiknya, gunakan volume sedang agar fokus tetap terjaga.

5. Buat batasan waktu untuk teman dan keluarga

Tips untuk freelancer batasi waktu
Foto: May Busch

Sebagai freelancer, mau hang out kapan saja dengan teman atau keluarga adalah hal yang mudah. Namun, jangan sampai hal ini menghambat produktivitas kalian.

Pastikan kalian tidak menjadwalkan waktu kerja, berdekatan dengan waktu hang out atau kumpul bersama keluarga. Jangan ragu untuk menolak tawaran keluar, bila memang kalian sedang diburu deadline.

Itu dia kelima tips buat kalian para freelancer.  Semoga kalian semakin fokus dalam bekerja ya. Semangat!