Virus Corona Merajalela, 6 Artis Ini Pilih Isolasi Diri Sendiri

artis-karantina-virus-corona-indonesia
Foto: Dok. Pri

Penyebaran virus corona tengah jadi sorotan dunia. Hingga Senin (16/3) ini, sudah ada 169,610 kasus di seluruh dunia, 117 di antaranya dari Indonesia. Hal itu tentu saja membuat masyarakat khawatir. Termasuk para artis.

Tak heran bila mereka berupaya melakukan pencegahan. Termasuk mengisolasi diri sendiri atau self isolation. Berikut ini di antara seleb yang memilih melakukan cara tersebut:

1. Sophia Latjuba

sophia-latjuba-karantina-virus-corona
Foto: Dok. Instagram Sophia Latjuba

Lewat Instagram, Sophia memberikan pandangannya akan keadaan dunia saat ini. Ia mengatakan, meski dunia tengah menghadapi tantangan berat, bukan berarti hal tersebut bisa menghentikan orang-orang untuk tersenyum.

Bersyukurlah dengan cerita yang telah kalian ciptakan, bersyukurlah dengan keluarga dan teman-teman yang kalian miliki dan bersyukurlah dengan mereka yang mencoba untuk bergerak maju dengan pengobatannya,” tulis Sophia.

Baca juga: Sophia Latjuba Pamer Kemesraan dengan ‘Gebetan’ Lama

Kondisi itu menciptakan kepanikan di tengah masyarakat. Meski begitu, Sophia meminta agar publik menyikapi keadaan dengan bijak dan bertanggung jawab.

Kondisi terbaru ini menciptakan kepanikan, jadi ingatlah untuk bernafas dan percaya dan bertanggungjawab di waktu yang sama. Habiskan waktu dengan orang-orang tercinta kalian di rumah atau coba untuk lebih mencintai diri sendiri. Umat manusia pernah menjalani keadaan yang jauh lebih buruk dari ini, dan bersama-sama kita bisa dan akan melewati semuanya,” lanjutnya. 

Seperti  diketahui, mantan kekasih Ariel Noah itu hobi liburan. Namun kini ia memilih untuk melakukan tindakan pencegahan. “Aku tak bisa bilang aku tidak kangen liburan dan nongkrong bareng teman-teman dekatku, tapi pada momen ini aku ingin membuat keluargaku aman. Dan aku pikir kita semua punya tanggung jawab untuk lebih waspada dan menjadi warna negara/pemimpin yang penuh perhatian,” kata pemain sitkom Tetangga Masa Gitu tersebut.

Baca juga: Di Usianya yang Hampir 50, Sophia Latjuba: Siapa yang Mau Kesepian?

Sophia kini melakukan karantina diri sendiri sebagai tindak pencegahan. Ia pun memberikan saran agar masyarakat tetap sehat.

Pada momen ini keluargaku dan aku melakukan karantina diri sendiri semampu yang kami bisa. Kami sangat bersyukur memiliki rekan kerja yang sangat pengertian. Cobalah untuk meditasi, pilihlah yoga (banyak sekali kelas online yang bisa kalian coba), baca buku, menonton film yang bagus, dan coba untuk menghabiskan uang lebih sedikit (bahkan untuk belanja online), memasaklah untuk keluargamu, dan jangan lupa untuk tersenyum dan selalu bersyukur ♥️,” pungkas pemain film Mata Batin 2 (2019) ini.

2. Keluarga Meisya Siregar dan Bebi Romeo

keluarga-meisya-siregar-karantina-virus-corona
Foto: Dok. Instagram Meisya Siregar

Di tengah kehebohan virus corona, keluarga Meisya Siregar dan Bebi Romeo memilih untuk melakukan isolasi dan tinggal di rumah. Meski begitu, Meisya tak menampik kalau dirinya begitu kangen untuk jalan-jalan.

Happy #selfisolation everyone ! Kita mah di suruh stay home paling happy 🤣🤣🤣Sebenernya pengen jg kabur btr ke mall, tapi berat bgt … Better stay home for our own safety ya. Stay as much as u can. Ga perlu, ya ga usah ke public area. #dirumahaja berkegiatan yg seru sama keluarga jadi tambah berkualitas ☺️ Mari sama sama kita putus mata rantai penyebaran Virus Corona ✊🏻,” tulis Meisya di Instagram-nya. 

3. Najwa Shihab

najwa-shihab-nikah-muda
Foto: Dok. Instagram Najwa Shihab

Najwa jadi salah satu yang paling gencar mengampanyekan tagar #dirumahsaja. Bahkan ia menyarankan agar tidak keluar rumah, kecuali untuk kepentingan sangat mendesak. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan bukan hanya untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk keselamatan kita semua.

Ini bukan tentang kesehatan pribadi saja, ini tentang keselamatan kita semua. Lebay? Berlebihan? Jauh dari itu. Covid-19 adalah virus yang sangat baru, ada banyak hal yang belum kita tahu soal virus ini. Tapi yang pasti virus ini punya kemampuan menyebar dengan sangat cepat dan orang yang terinfeksi walaupun tanpa gejala bisa menularkan ke siapa saja,” kata jurnalis kondang tersebut.

Baca juga: Najwa Shihab Blak-blakan Ungkap Alasan Menikah di Usia 20 Tahun

Tiga langkah mudah, yaitu jaga jarak, hindari keramaian dan dir umah saja jadi tips yang selalu digaungkan oleh Najwa demi menghindari penyebaran COVID-19. 

Jadi harus bagaimana? Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja. Saya tahu ini sulit untuk dilakukan semua orang, tidak semua dari kita punya pilihan untuk melakukan itu. Tapi kenyataannya memang langkah itu adalah cara yang sudah terbukti efektif di negara lain. Hari ini, berprilaku soliter bisa menjadi tindakan solider. Soliter adalah solidaritas. Jaga jarak, hindari keramaian, #dirumahaja,” ujar Najwa. 

4. Anji 

anji-manji-karantina
Foto: Dok. Instagram Anji

Demi melakukan tindakan pencegahan, Anji sudah membatalkan beberapa jadwal manggungnya. Ia juga melakukan self isolation.

Mengurangi interaksi dengan siapapun adalah langkah paling benar saat ini. Batasi bersalaman atau interaksi fisik dan keluar rumah, Teman-teman. Semoga kita semua dijaga dari Corona atau penyakit lainnya,” tulis Anji di media sosialnya.

5. Angga Sasongko

angga-sasongko-karantina
Foto: Dok. Instagram Angga Sasongko

Sutradara Angga Sasongko jadi salah satu yang melakukan isolasi diri sendiri sejak Jumat (13/3) lalu. Terlebih ia baru saja liburan ke Jepang beberapa waktu lalu. 

Hari ini tiba dari liburan di Jepang dan memulai self-quarantine selama 14 hari ke depan. Keadaan ini gak boleh bikin kita panik dan takut. Tenang adalah obat yang saat ini kita tahu. Untuk orang – orang di sekitar yang kita sayang, kita perlu punya kesadaran dan kesabaran,” kata Angga.

Ia pun mengajak siapapun yang baru saja pergi ke negara yang telah terpapar COVID-19 untuk mengisolasi diri sendiri, seperti saran WHO (World Health Organisation).

“Untuk yang berpergian ke negara yang terpapar Covid-19, saya mengajak teman – teman melakukan self-quarantine seperti rekomendasi WHO. Karena kesehatan orang – orang di sekitar kita, sama pentingnya dengan kesehatan kita. Stay healthy, everyone. The Universe is teaching us lessons,” pungkasnya.  

6. Keluarga Raditya Dika dan Anissa Aziza

anak-raditya-dika
Foto: Dok. Instagram Raditya Dika

Raditya Dika jadi salah satu artis yang mulai mengurangi jadwal pekerjaannya gara-gara virus corona. Ia menunda tur stand up comedy-nya di beberapa kota. Ia pun menyarankan pengikutnya untuk di rumah saja demi memutus rantai penyebaran virus corona.

“Sebisa mungkin di rumah aja ya teman2. Mari kita putus rantai penularan COVID 19,” itulis Radit lewat Instagram story. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here