Awas Keliru! Cari Tau Pilihan Serum Berdasarkan 5 Jenis Kulit

0
225
memakai-serum
Foto: Avoskin

Jika menginginkan kulit wajah tetap awet muda, kenyal serta terlihat glowing, tentu serum dapat dijadikan salah satu solusinya. Namun melihat banyaknya jenis serum, tetap gunakan yang sesuai dengan jenis kulit, agar hasilnya maksimal.

Lalu, bagaimana ya memilih serum berdasarkan jenis kulit kita? Nah, baca yuk tips untuk memilihnya!

1. Kulit Kering

serum-untuk-kulit-kering
Foto: The Ordinary

Untuk jenis kulit kering, pakailah serum dengan kandungan bahan yang mampu menghidrasi kulit. Gunakan serum dengan komposisi Hyaluronic Acid atau Sodium Hyaluronate di dalamnya. Bahan tersebut dapat menyimpan seribu kali kelembaban di dalam kulit.  

Selain itu, pilih serum yang mengandung antioksidan untuk melindungi lapisan kulit. Karena, kulit kering cenderung tak memiliki pelindung. Glycerin dan Vitamin E dalam serum, merupakan salah satu antioksidan yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: Girls, Coba Yuk Pakai 5 Produk Perawatan Wajah dengan Pasanganmu!

2. Kulit Berminyak

serum-untuk-kulit-berminyak
Foto: The Ordinary

Kulit berminyak cenderung mengakibatkan wajah mudah berjerawat. Gunakan serum dengan kandungan Retinoid, karena mampu menetralkan produksi minyak di wajah dan jerawat sekaligus.

Tak hanya itu, serum dengan kandungan tea tree cocok untuk mengatasi bakteri wajah. Bahan water based juga baik untuk mengurangi sebum yang berlebihan.

3. Kulit Normal

serum-untuk-kulit-normal
Foto: Net

Kelebihan memiliki kulit normal adalah tidak perlu repot untuk memilih jenis serum. Fokuskan pada serum yang mengandung kolagen. Selain untuk membantu elastisitas wajah, juga berfungsi untuk meratakan warna kulit.

Baca juga: 7 Manfaat Sendok bagi Kecantikan yang Penting untuk Dicontoh

4. Kulit Kombinasi

serum-untuk-kulit-kombinasi
Foto: Platinum

Gunakan serum dengan bahan yang dipadukan, untuk mengatasi kulit dengan jenis ini. Pilih yang berkomposisi Hyaluronic Acid sebagai pelembab dan Glycolid Acid untuk mencerahkan kulit dengan mengeksfoliasi kulit mati.

Baca juga: Solusi 4 Jenis Kantung Mata yang Mengganggu Penampilan

5. kulit Berjerawat

serum-untuk-kulit-berjerawat
Foto: Vivi Beauty

Serum berbahan Salicylic Acid bisa digunakan untuk kulit berjerawat. Kandungannya mampu mengurangi efek kemerahan dan peradangan karena jerawat. Mandelic Acid juga bisa digunakan untuk mencerahkan noda bekas jerawat. (*)