Terjangan Tornado di Nebraska Amerika Serikat, Ratusan Rumah Hancur

Angin Tornado di Amerika Serikat, tepatnya di Nebraska dan Lowa, mengakibatkan ratusan rumah hancur. Foto : Chris Machian/Omaha World-Herald melalui AP
Angin Tornado di Amerika Serikat, tepatnya di Nebraska dan Lowa, mengakibatkan ratusan rumah hancur. Foto : Chris Machian/Omaha World-Herald melalui AP

Angin Tornado menerjang sebagian wilayah Nebraska dan Lowa pada, Jumat (26/4) lalu. Angin puting beliung yang menerjang dua negara bagian Amerika Serikat itu mengakibatkan bangunan industri dan ratusan rumah hancur.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, angin berwarna hitam pekat itu tampak seperti corong raksasa yang berputar kencang. Sedikitnya lima orang terluka akibat bencana tersebut. Hal ini berdasarkan laporan The New York Times.

Bencana angin tornado di Amerika itu dikonfirmasi oleh Gubernur Lowa, Kim Reynolds dan Wakil Kepala Kantor sheriff di Lancaster County Nebraska, Ben Houchin.

Di Lowa, angin puting beliung meratakan bangunan di Minden, yakni sebuah kota yang berjarak lebih dari 100 mil sebelah barat Des Moines. Sementara di Nebraska, daerah Omaha dan Waverly menjadi sebagian wilayah Nebraska yang diterjang tornado.

| Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi 4 Kali, Waspada Lahar Dingin

Bencana ini menyebabkan runtuhnya sebuah bangunan industri di Garner Industries, melukai sedikitnya tiga orang dan memicu tanggap darurat yang meluas.

Wakil Kepala Kantor sheriff di Lancaster County Nebraska, Ben Houchin, mengatakan angin Tornado menyebabkan gedung industri di Garner Industries hampir seluruhnya runtuh.

Sekitar pukul 15.00 waktu setempat, ada 70 orang terjebak di dalamnya. “Tiga orang dibawa ke rumah sakit dengan luka yang tidak mengancam nyawa,” katanya.

Dia juga menyebut Kantor sheriff menerima laporan tentang kereta yang tergelincir di Waverly.

Di sisi lain, Kepala polisi Omaha, Todd Schmaderer, menyebut setidaknya ada dua orang menderita luka ringan akibat angin tornado di Amerika yang menghancurkan sejumlah rumah.

| Baca Juga: Ibu Kota Kenya Diterjang Banjir Bandang, Sepuluh Orang Tewas

Angin tersebut juga berdampak pada penutupan sementara Lapangan Terbang Eppley di Omaha. Hal itu berdasarkan unggahan pihak bandara di akun X mereka.

Mereka menyebut para penumpang harus ditempatkan di tempat perlindungan badai demi keselamatan mereka, meskipun terminal Bandara tidak terkena dampak.

“Sejumlah bangunan di area General Aviation di sisi timur bangunan bandara mengalami kerusakan,” lanjutnya.

Namun demikian tidak ada laporan korban luka. Walapun bandara dan pesawat mengalami kerusakan, seperti yang beredar di media sosial.

Warga terdampak, Melanie Colton (44), mengatakan dia sedang bersiap untuk menjemput anak-anaknya dari sekolah ketika dia melihat awan corong muncul dan mulai bergerak menuju rumah pertanian mertuanya, di luar Waverly.

| Baca Juga: Ngeri! Dua Helikopter Militer Malaysia Jatuh, Tewaskan 10 Orang

“Rumah itu benar-benar tidak layak huni. Jendelanya banyak yang pecah dan ada pohon menembus atapnya. Dua gudang di halaman belakang hancur dengan puing-puing dari gudang tersebar sekitar dua mil.” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here