Banjir Melanda Cina Selatan, Puluhan Ribu Warga Dievakuasi

Tim penyelamat berusaha mengevakuasi warga yang terdampak banjir Cina. Foto : Xinhua
Tim penyelamat berusaha mengevakuasi warga yang terdampak banjir Cina. Foto : Xinhua

Hujan lebat dalam beberapa hari terakhir membuat Provinsi Guangdong, Cina dilanda banjir. Akibatnya, Empat warga dilaporkan tewas dan sepuluh orang lainnya menghilang dalam peristiwa ini.

Tak hanya itu, puluhan ribu warga dievakuasi dari daerah yang dilanda banjir. Menurut laporan dari kantor media lokal Xinhua, hujan lebat membuat sungai meluap dan meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya luapan banjir.

“Tiga kematian dilaporkan di Kota Zhaoqing sementara satu orang lainnya adalah tim penyelamat di Kota Shaoguan,” ungkap otoritas setempat.

Disebutkan, lebih dari 110.000 warga telah direlokasi di Guangdong. Dari jumlah tersebut, lebih dari 45.000 orang dievakuasi dari kota Qingyuan di utara, yang terletak di tepi Sungai Bei.

| Baca Juga: Banjir Bandang Pakistan dan Afghanistan, Telan Puluhan Korban Jiwa

Sementara upaya pencarian dan penyelamatan di daerah tersebut terus dilakukan terhadap kesepuluh orang yang dilaporkan menghilang.

Bencana ini menyebabkan penundaan jadwal penerbangan Bandara Internasional Baiyun di Guangzhou, sementara sekolah-sekolah diperintahkan untuk tutup.

Sejumlah rumah di provinsi tersebut rusak parah akibat diterjang banjir. Pihak berwenang memperkirakan kerugian ekonomi langsung sebesar hampir 140,6 juta yuan (sekitar Rp315 miliar).

Video yang dibagikan secara online menunjukkan banjir Cina dengan aliran deras hingga mampu meruntuhkan tembok dan jembatan. Seorang pengguna Weibo mengatakan keluarganya bergegas memindahkan furnitur dari lantai pertama rumah mereka ke lantai atas.

Hujan deras telah membanjiri separuh lantai pertama rumah kami,” tulis pengguna tersebut pada Minggu (21/4/2024) malam.

Saya ingin tahu apakah lantai dua juga akan terendam banjir dalam semalam. Saya merasa tidak berdaya,” lanjutnya.

Hujan seperti air terjun selama satu setengah jam di jalan raya saat saya dalam perjalanan pulang tadi malam,” kata pengguna lain di Weibo.

Saya tidak bisa melihat jalan sama sekali,” ujarnya.

| Baca Juga: Banjir Melanda Negara Teluk: Bandara Dubai Lumpuh, 18 Orang Tewas di Oman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here