Yuk, Penuhi Tiga Aspek Penting yang Jadi Kunci Hidup Sehat

0
24
Dinkes-jatim
(Tiga dari kiri) Kepala Dinkes Jatim, Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An.KIC.KAP, bersama Staff dan para penerima penghargaan. Foto: Istimewa

Tema peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) kali ini, begitu menarik. Bertajuk Aku Cinta Sehat, dengan sub tema Ayo Hidup Sehat, banyak sekali pelajaran yang bisa didapat. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim), Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An.KIC.KAP menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjalankan hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri.

Menurut Kohar, untuk dapat menjalani hidup sehat harus memenuhi tiga aspek, yaitu sehat jiwa, fisik, dan lingkungan. ”Dari segi jiwa harus positif thinking. Kalau negatif thinking akan merusak jiwa dan badan,” kata Kohar saat ditemui usai upacara HKN  Ke-54 di halaman Dinkes Jatim (12/11).

Baca juga: 3 Bahan Alami Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mengganggu

Selain itu, untuk menjaga kesehatan jiwa, mantan Wakil Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSUD dr Soetomo ini, juga menyarankan kepada masyarakat untuk menjaga keselamatan dalam bekerja, berkendara, dan keselamatan di rumah.

Sedangkan untuk menjaga kesehatan fisik, Kohar menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kebersihan diri, aktivitas fisik, istirahat teratur, dan imunisasi.

Baca juga: 5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Kulit

Tak hanya itu, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini juga menyarankan kepada orang tua, untuk memperhatikan asupan gizi anaknya. Terutama gizi pada seribu hari pertama kehidupan seorang anak (mulai dari kehamilan hingga usia 2 tahun).

”Kenapa mulai dari kehamilan hingga usia 2 tahun harus diperhatikan gizinya? Karena sampai usia 2 tahun batas akhir bertambahnya jumlah sel otak seseorang. Kalau pada usia 2 tahun gizi anak tidak diperhatikan, maka kemampuan intelektualnya nggak akan bagus. Masalah ini akan berdampak panjang,” jelas Kohar.

Baca juga: 6 Rahasia Jane Seymour Agar Terlihat 20 Tahun lebih Muda

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan lingkungan, Kohar menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan alam. ”Dengan menjaga kebersihan air, udara, memperhatikan masuknya  cahaya matahari di dalam rumah supaya tidak lembab, serta memperhatikan jamban sehat dengan tidak buang air besar sembarangan,” bebernya.

Oleh karena itu, dalam peringatan HKN Ke-54 ini, Dinkes Jatim  memberikan penghargaan kepada Puskesmas yang berprestasi, bersih, serta kelompok-kelompok masyarakat yang mendukung gaya hidup bersih dan sehat. (*)