Terkenal Pelit Bicara, Ternyata Introvert Juga Bisa Menyenangkan. Ini Buktinya!

orang-introvert-menyenangkan
Foto: Insider Asia

Banyak yang bilang, orang introvert itu nggak nyenengin, karena tertutup, cuek dan sangat pelit bicara. Anggapan yang tidak berlebihan, karena kaum introvert memang tidak suka membuka diri dan tidak meminati percakapan yang tidak sesuai minatnya. Apalagi kalau lawan bicaranya orang yang baru dia kenal.

Padahal tidak semua orang introvert seperti itu. Contohnya Presiden Barack Obama, aktor Keanu Reeves, bintang bola basket dunia Michael Jordan dan masih ada beberapa seleb terkenal lainnya.

Menurut penulis dan pengamat orang-orang introvert, Barry Davret, “Orang introvert sebenarnya bisa jadi teman yang menyenangkan.” Caranya? Dikatakan oleh Barry, orang introvert memiliki daya tarik yang tidak sama dengan yang extrovert. Itu pasti!

“Secara alami, orang introvert tidak suka membuka diri, apalagi di depan umum. Mereka juga tidak punya bakat mengolah cerita secara spontan seperti orang extrovert. Introvert juga tidak punya teknik mempersuasi, apalagi sampai memaksa. Juga tidak terlalu peduli
pada orang lain. Mereka terlalu fokus pada diri sendiri,” kata Barry.

Baca juga: Memakai Bros Di Tempat Kerja Ternyata Dilarang!

Sebenarnya itu tidak buruk, karena orang introvert adalah pendengar yang baik. “Secara alami, orang kan senang kalau ada yang mau mendengarkan mereka dengan sabar dan tulus,” tambah pria yang banyak menulis tentang kreativitas, produktivitas dan pengalaman hidup itu.

Dari pengalaman panjangnya, Barry menasihatkan para introvert agar mencintai ciri khas dirinya itu. “Sebab orang suka yang otentik, asli, apa adanya. Secara alami, orang menyukai keaslian dan ketulusan,” kata penulis terkenal itu.

Alihkan Fokus

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana menjadi teman ngobrol yang menyenangkan tanpa mengorbankan ciri khas sebagai seorang introvert?

“Geser sedikit fokus perhatianmu, dari diri sendiri menjadi kepada orang lain. Untuk gampangnya, bayangkan orang yang sedang bermain pingpong. Kalau yang seorang bisa menjaga agar bola terus bergulir, maka permainan bisa berlanjut,” jelas Barry.

Cara mudah untuk menjaga bola pembicaraan agar terus bergulir bukan hal yang sulit, nasihat Barry, “Pertanyakan balik apa yang kalian dengar itu, tetapi jangan terkesan seperti interogasi. Juga jangan memojokkan, apalagi bernada sarkastik dan menyakitkan,” katanya.

Baca juga: Si Dia Hanya Memanfaatkanmu! Ini 7 Tanda Kamu Haram Balikan dengan Mantan

Hal itu akan membuat lawan bicara kalian akan melanjutkan percakapan. Seperti bermain pingpong kan? Kalau bolanya kalian pukul balik dengan tepat, lawan akan dengan semangat mengirimkan kembali kepada kalian dan permainan pun berlanjut.

Dan ini adalah beberapa kalimat cantik yang bisa digunakan kaum introvert untuk menggulirkan bola percakapan sehingga percakapan bisa berlanjut dengan menyenangkan

  • ”Oh ya? Setelah itu apa yang terjadi? Ceritakan dong!
  • ”Jadi penasaran. Seperti apa sih rasanya?
  • ”Kau bikin aku jadi ingin tahu lebih banyak
  • ”Wow. Gak nyangka ya. Setelah itu bagaimana?
  • ”Kok bisa begitu ya? Boleh aku tanya lagi?
  • ”Lantas? Jangan berhenti, aku mau dengar kelanjutannya
  • “Masuk akal. Lainnya apa? (nan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here