Mengenal Vincent, Penderita Autis yang Sabet Juara 1 Lomba Lukis Nasional

0
172
vincent prijadi purwono
Foto: Nadhirul/Nyata

Hati orangtua mana yang tidak teriris, ketika buah hatinya diidentifikasi sebagai anak berkebutuhan khusus. Inilah yang dirasakan oleh Rudy Purwono, saat tahu anak keduanya, Vincent Prijadi Purwono menderita autisme.

Meski begitu, Rudy dan keluarganya tidak putus asa. Perjuangan bertahun-tahun yang dilalui oleh mereka tidaklah mudah.

“Tahu Vincent menderita Autis sejak umur 1,5 tahun. Kami ya terkejut, tapi kami tahu ini rencana Tuhan. Sehingga sebelum kita melangkah, kita yakin Tuhan ada di sana dan akan menolong,” ujar Rudy saat ditemui Nyata di tengah acara International Conference on Special Education (ICSE) di Hotel Shangri-la, Surabaya, Minggu (14/7).

Benar saja, Tuhan memang memiliki rencana spesial untuk Vincent. Ia dibekali dengan bakat melukis, yang mengundang decak kagum.

karya-lukisan-vincent
Beberapa lukisan Vincent yang diikutkan pameran. Foto: Nadhirul/Nyata

Baca juga: Founder SMA Selamat Pagi Indonesia: Negeri Ini Butuh Banyak Gatotkaca

Ya, diawali dengan coretan-coretan sederhana di atas selembar kertas kala Vincent masih kanak-kanak, kini kemampuan melukisnya tak boleh lagi diragukan. Tak tanggung-tanggung, Vincent baru saja menyabet gelar juara 1 dalam lomba berskala nasional.

“Ini kami terakhir ikut lomba lukis se-nasional yang juga disponsori oleh Diknas untuk anak kebutuhan khusus, dan Vincent juara satu. Jadi ini dalam rangka peringatan Hari Autis Nasional. Salah satunya ada lomba lukis, ada nari juga. Langsung Vincent juara satu,” ungkap Rudy sambil tersenyum bangga.

Ayah tiga anak itupun menunjukkan hasil lukisan Vincent yang diikutkan dalam lomba tersebut. Unik menjadi kata yang tepat untuk mendeskripsikan karya Vincent.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by VincentPaint (@vincentpaint) on

Baca juga: Khofifah Indar Parawansa, Gadis Tomboy itu Kini Seorang Gubernur

Lukisan tersebut terinsipirasi dari salah satu film favorit Vincent, Train to Busan (2016). Penggemar boyband BTS ini pun menggambar sejumlah karakter kartun kesukaannya.

“Dia suka kereta Korea. Ini nggambarin kereta api Korea sama pramugara dan pramugarinya. Sama dia cantumkan gambar-gambar kesukaannya dia,” tutur Rudy.

Baca juga: Jurnalis Australia Terjang Reruntuhan Gempa Palu Demi Nyawa Kucing

Ini bukan satu-satunya prestasi yang ditorehkan Vincent. Remaja 15 tahun ini juga turut berpartispasi dalam acara ICSE 2019, dengan menggelar pameran lukisan.

Sederet karya lukis Vincent dengan berbagai tema, dipamerkan dalam acara tersebut. Serunya lagi, Vincent juga unjuk bakat melukis on the spot di sana.

Dengan percaya diri, Vincent melukis kereta commuter Jakarta berwarna merah, diiringi lagu-lagu kesukaannya lewat iPad.

Vincent-dan-keluarga
(Dari kiri) Vincent, Puspita Dewi Prijadi dan Suami, Samantha Prijadi Purwono (kakak Vincent), Nicole Prijadi Purwono (adik), Rudy Purwono. Foto: Nadhirul/Nyata

Baca juga: Syuci Indriani, Atlet Tunagrahita Asal Riau Sumbang 3 Medali

Tak hanya Rudy yang mendampingi Vincent di tengah acara ICSE. Anggota keluarganya yang lain, termasuk dua saudari, nenek dan kakeknya juga setia melihat Vincent berkarya.

“Saya kepengen dia bisa mandiri. Kelak kalau memang dia berhasil, terus saya kepengen dia itu bisa mandirilah, independent. Sehingga bisa menginspirasi orangtua yang mempunyai anak-anak kebutuhan khusus, kalau mereka itu punya bakat yang bisa disalurkan. Karena kalau Tuhan itu ngasih kekurangan tapi juga pasti ada kelebihan gitu,” kata nenek Vincent, Puspita Dewi Prijadi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by VincentPaint (@vincentpaint) on

Tahu gak sih? Kalau lukisan Vincent sudah banyak yang terjual, lho! Salah satunya adalah lukisan dengan judul ‘Apple in Plastic’ di atas. Bahkan, menurut sang ayah, untuk tahun ini saja, sudah 20 lukisan terjual.

Baca juga: Viral! Sosok Batman Muncul di Tengah Pengungsian Syria

Untuk mengapresiasi dan memberikan wadah bagi putranya, Rudy membangun sebuah galeri lukis yang diberi nama Vincent Gallery. Puluhan lukisan Vincent dengan berbagai tema, mulai dari naturalis sampai karakter kartun kesukaannya dipamerkan di sana.

Nah, masih banyak kisah menarik tentang Vincent Prijadi Purwono. Termasuk tantangan dan perjuangan yang dialami oleh remaja yang satu ini bersama keluarganya. Untuk ulasan selengkapnya, baca di Tabloid Nyata yang terbit hari Jumat, 19 Juli 2019. (*)