Agenda Penting Elon Musk saat Tiba di Bali

Foto: Dok. Instagram @luhut.pandjaitan

CEO Space X sekaligus Tesla Inc, Elon Musk tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (19/5) ini. Orang terkaya nomor dua di dunia itu tiba di Pulau Dewata pada pukul 08.00 WITA menggunakan jet pribadinya untuk menghadiri World Water Forum ke-10.

Elon Musk sendiri disambut langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Kedatangannya tak hanya menghadiri forum itu, melainkan juga meluncurkan Starlink yang nantinya akan dipasang di salah satu Puskesmas di Denpasar. Kabarnya, Presiden Joko Widodo akan mendampinginya nanti.

“Saya berkesempatan menjemput Elon di Bandara pagi ini dan kemudian membicarakan beberapa agenda beliau selama di sini dan tentunya beberapa kerja sama penting,” tulis  Luhut dalam keterangan di Instagram pribadinya.

“Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden hari ini di salah satu Puskesmas di Denpasar, Bali,” imbuhnya.

Baca Juga: Elon Musk Tak Lagi Menjadi Orang Terkaya di Dunia. Ini Penyebabnya!

Starlink sendiri merupakan proyek kerjasama penting antara Indonesia dengan Elon Musk. Yakni berupa peresmian layanan internet yang bisa menjangkau seluruh pelosok di Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan bisa mewujudkan akses pemerataan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang terintegrasi di semua Provinsi di Indonesia. Kedepannya, semoga kedua layanan ini bisa terus ditingkatkan.

Luhut menjelaskan, bila dengan peresmian Starlink, diharapkan bisa membuat penduduk di pelosok Indonesia dapat merasakan akses informasi dan jaringan internet yang cepat. Sehingga, fasilitas ini tak hanya dirasakan oleh masyarakat di kota besar saja.

Sekadar informasi, Starlink sendiri adalah jaringan internet yang dikembangkan oleh perusahaan Elon Musk, yakni Space X. Internet Starlink memiliki kelebihan diantaranya yaitu konstelasi satelit rendah bumi (LEO), yang berfungsi untuk menyediakan akses internet cepat ke berbagai daerah di seluruh dunia, bahkan di bagian wilayah pelosok sekali pun.

Setelah diresmikan di Indonesia, nantinya pengguna Starlink hanya membutuhkan alat kecil yang disebut dengan ‘dish’. Setelah tersambung ke jaringan, maka masyarakat Indonesia bisa menikmati internet Starlink yang terbukti cepat dan andal.

Baca Juga: Diakuisisi Elon Musk, 5 Artis Hollywood Ini Pilih Cabut dari Twitter

Menurut Luhut, dengan adanya Starlink maka seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa menikmati jaringan internet yang bagus dan murah. Sehingga daerah yang dulunya belum tersentuh internet, kini bisa merasakannya dalam waktu dekat.

“Selatan Jawa banyak yang enggak bisa terhubung dengan baik. Di Bali banyak area yang spot (sinyal) nya enggak bagus. Jangankan Papua, NTT, NTB. Jadi banyak area di Indonesia ini yang belum tercover,” tuturnya. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here