Khofifah Indar Parawansa, Gadis Tomboy itu Kini Seorang Gubernur

0
229
masa-kecil-khofifah-indar-parawansa
Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Apa yang ada di pikiran kalian ketika membicarakan sosok Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa? Perempuan yang lembut dan penyayang? Sosok yang tegas dan selalu memperhatikan kesejahteraan perempuan? 

Ya, itu hanyalah sekelumit deskripsi untuk perempuan 53 tahun itu. Banyak sekali kisah menarik yang menghiasi kehidupan Khofifah.

Salah satunya adalah soal masa mudanya. Siapa sangka sosok yang terkenal lembut itu, dulunya adalah gadis tomboy dengan hobi yang tak banyak dilakukan oleh anak perempuan.

Baca juga: Cerita Anne Avantie Bersama Desainer Difabel yang Inspiratif

Khofifah kecil begitu menikmati masa kecilnya. Sepulang sekolah, ia langsung menuju tempat kesukaannya kala itu, sungai. 

“Pulang sekolah kelas 2 SD itu langsung njebur ndek sungai (masuk ke sungai, berenang). Dulu saya kan kecil gendut, saya cari kerang segini (seukuran tangan) di lumpur (pinggiran sungai) di daerah Jemursari,” ungkap Khofifah saat ditemui Nyata di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (29/3) lalu. 

tim nyata dan khofifah
Tim Nyata dan Khofifah Indar Parawansa

Baca juga: Viral! Sosok Batman Muncul di Tengah Pengungsian Syria

Namun, terkadang kenangan masa kecil itu membuat Khofifah sedih. Bagaimana tidak? Kini, sungai yang biasa buat berenang tak lagi asri. Sampah dan limbah merusak keragaman hayatinya. 

“Hampir tiap saya melewati sungai itu, saya masih suka (merasa) haduh kenapa sungai ini keragaman hayatinya habis bis bis,” curhat Khofifah sedih.

Baca juga: Perjalanan Panjang Sang Profesor Kusta, Cita Rosita Sigit Prakoeswa

Berenang di sungai bukanlah hobi satu-satunya. Menurut pengakuannya, ia lebih memilih untuk memanjat pohon daripada bekerja di dapur. 

“Saya itu pulang SD nggak ke dapur. Ganti baju langsung manjat pohon. Kan saya punya pohon jambu banyak. Langsung makan di atas, sampai kenyang, (terus) turun. Sampe SMP kelas 2 masih (suka memanjat pohon),” kenang mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan itu.

masa-kecil-khofifah-indar-parawansa 1
Khofifah saat mengenang masa kecilnya. Foto: Adi Wiratmo/Nyata

Baca juga: Jurnalis Australia Terjang Reruntuhan Gempa Palu Demi Nyawa Kucing

Gadis kecil itu tak pernah menyangka, bahwa dirinya suatu hari nanti akan menjadi sosok yang menduduki posisi penting di pemerintahan.

Tentunya pencapaian itu tak didapatnya dengan mudah. Kerja keras selama puluhan tahun, ditambah kegigihannya dalam memperjuangkan apa yang ia yakini, jadi kuncinya. 

Baca juga: Mengenang Teresa Teng, Penyanyi Legendaris yang Dicintai Dunia

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menyampaikan pesannya untuk generasi muda. 

“Seperti pesannya Gus Dur saja, be yourself and do the best. Sudahlah kita jadi diri kita. Janganlah kita capek pengen jadi orang lain. Karena ndak bakalan itu (terjadi). Be yourself and do the best,” pungkas perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial tersebut.

Masih banyak inspirasi dan kisah menarik dari Khofifah Indar Parawansa. Nyatanya, di masa mudanya Khofifah tak terpikir untuk jadi gubernur. Ia sudah punya profesi idamannya. Penasaran? Baca ulasan selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2493, terbit Jumat, 12 April 2019. (*)