5 Jajanan Khas Timur Tengah yang Populer di Indonesia

0
158
makanan-dari-timur-tengah
Foto: FoodieCrush/Hairy Bikers

Salah satu jenis kuliner yang banyak diburu di Indonesia saat ini, adalah makanan-makanan yang berasal dari Timur Tengah. Bukan hanya bentuknya saja yang menggoda selera, rempah-rempah yang menjadi ciri khas, juga menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut ini, ada beberapa jajanan khas Timur Tengah yang sudah populer di Indonesia. Tak perlu jauh-jauh pergi ke negeri seberang, yuk tengok disini apa saja jajanan tersebut!

1. Kebab

kebab
Foto: Foto: BBC Good Food

Kebab merupakan makanan yang berasal dari Turki. Daging yang digunakan sebagai bahan dasar kebab bisa berasal dari domba maupun sapi.

Awalnya, kebab hanya berupa daging yang ditusuk kemudian dipanggang. Di daerah timur tengah sendiri, kebab yang ditusuk, disajikan diatas piring dan digunakan sebagai lauk.

Di Indonesia, daging panggang tersebut, dicampur dengan paprika, saus serta selada. Kemudian digulung dengan roti Tortilla yang merupakan khas dari Meksiko.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Buah dan Sayur Agar Tahan Lama

2. Shawarma

shawarma
Foto: Unilever Food Solutions/The Mediterranean Dish

Merupakan makanan khas Arab yang bentuknya mirip sandwich. Shawarma terdiri dari roti pita, yaitu roti bundar dan pipih yang bagian tengahnya berongga seperti kantong.

Roti tersebut diisi dengan irisan daging kambing, sapi, ayam ataupun kalkun. Daging-daging itu umumnya dipanggang dengan cara ditusuk pada besi panjang, kemudian diputar putar di atas api.

Sayuran seperti tomat, mentimun, bawang bombay dan selada, biasanya juga digunakan sebagai isian roti.

Bumbu untuk shawarma umumnya berupa tahini, saus amba (acar mangga dan cabai) dan hummus.

3. Roti Maryam / Roti Canai

roti-maryam
Foto: Bukalapak

Makanan ini sudah populer di Indonesia, dengan berbagai varian yang unik. Di Timur Tengah, makanan ini digunakan sebagai pengganti nasi. Karakteristik dari makanan ini adalah lapisan-lapisan tepungnya yang tidak menyatu satu sama lain.

Baca juga: 7 Cara Mudah Untuk Hilangkan Bau Amis Pada Ikan

Karena rasanya yang gurih, orang Timur Tengah biasanya menyajikannya dengan kari kambing, sapi maupun ayam. Gulai kacang hijau juga merupakan pilihan yang tepat untuk dimakan dengan roti maryam.

Akan tetapi di Indonesia, makanan ini sering dikombinasikan dengan taburan gula, keju, susu kental manis, hingga meses.

4. Samosa

samosa
Foto: snarg

Samosa merupakan makanan yang kulitnya mirip dengan lumpia, namun bentuknya segitiga. Samosa berisi daging cincang yang ditumis dengan bumbu rempah, kentang bumbu, kacang polong, bawang bombay dan sayuran.

Baca juga: Variasi Pai Apel dengan Keju dan Marshmallows

5. Baklava

baklava
Foto: BBC Good Food

Di Indonesia, makanan ini mirip dengan bolen pisang. Baklava terdiri dari phyllo (kulit pastry) yang berisi kacang-kacangan yang kemudian disiram madu. Sirup bisa menjadi alternatif untuk mengganti madu. (*)