6 Tips Menjaga Buah dan Sayur Agar Tahan Lama

0
82
Foto: cdn-pro.elsavador.com

Banyak mengonsumsi buah dan sayur merupakan suatu kewajiban, jika ingin mewujudkan pola hidup sehat. Agar lebih praktis, seringkali kita membeli buah dan sayur dalam jumlah banyak sekaligus, sebagai persediaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga buah dan sayur agar tahan lama.

Sayangnya, jika tidak mengetahui cara penyimpanan yang benar, persediaan yang ada akan menjadi busuk dan akhirnya terbuang sia-sia. Untuk menghindari hal itu, yuk simak beberapa tips berikut ini, agar buah dan sayuran lebih tahan lama.

1Simpan bawang di tempat yang gelap

Foto: tiphero.com

Penduduk Indonesia pasti sudah tidak asing dengan jenis rempah yang satu ini. Dilansir dari Dailymail, bawang putih, bawang merah, bombay, dan jenis bawang yang lain sebaiknya disimpan di tempat yang gelap. Dengan terhindar dari sinar matahari, maka bawang akan tahan lebih lama. Karena, hal ini mencegah bawang untuk terus tumbuh.

2Membungkus batang pisang

Foto: Brightside

Bagi pecinta pisang, jangan simpan pisang di dalam kulkas. Karena dapat mempengaruhi aroma, serta rasa dari buah pisang. Dikutip dari Buzzfeed, pisang sebaiknya disimpan pada suhu ruang. Lalu, bungkus batang pisang dengan plastik pembungkus makanan, agar meminimalisir keluarnya gas yang berperan dalam proses pematangan, yaitu gas etilen. Sehingga, pisang akan lebih tahan lama dan tidak cepat menghitam.

3Ternyata kentang dan apel bisa disimpan bersamaan

Foto: Brightside

Menyimpan beberapa buah apel bersama dengan kentang, dapat mencegah kentang untuk terus tumbuh. Menurut Foodnetwork, hal ini dikarenakan, ada gas dari buah apel yang bisa membantu ‘menyelamatkan’ kentang agar tidak cepat busuk. Selain itu, kentang juga sebaiknya disimpan di tempat yang gelap. Sama seperti bawang, kentang akan lebih tahan lama apabila terhindar dari sinar matahari.

4Gunakan pembungkus aluminium

Foto: Pinterest

Ternyata, dengan memanfaatkan aluminium foil sebagai pembungkus, bisa membuat beberapa sayuran lebih awet. Beberapa sayuran seperti brokoli, seledri, dan bahkan wortel, bisa tahan lebih lama di kulkas hingga dua minggu!

Dilansir dari Dailymail, kikis terlebih dahulu kulit luar wortel, lalu sedikit dikeringkan, setelah itu bungkus dengan pembungkus aluminium, dan simpan ke dalam kulkas.

5Lapisi buah yang sudah dipotong dengan plastik pembungkus

Foto: glowonconcept/Storyblocks

Terutama buah yang berair dan berukuran besar, seperti melon dan semangka, wajib disimpan dalam kulkas jika sudah dipotong. Namun, jangan lupa melapisi buah tersebut dengan plastik pembungkus, atau masukkan dalam wadah tertutup. Mengutip dari CNN, jika dibiarkan begitu saja, maka akan tekstur dan rasa dari buah-buah ini akan berubah dan tidak layak makan.

6Simpan sayur dan buah di bagian yang lebih hangat

Foto: Brightside

Tidak heran jika biasanya, sayur dan buah disimpan pada bagian bawah kulkas. Hal ini dikarenakan, paparan suhu yang lebih rendah membuat sayur dan buah menjadi cepat layu, dan sulit untuk mempertahankan kesegaran.

Maka dari itu, seperti yang dilansir brightside, sebaiknya simpan sayur dan buah pada bagian kulkas yang tidak terlalu dingin.