4 Bahan Alami untuk Atasi Tumit Pecah-Pecah

0
155
Foto: Pexels

Tumit pecah-pecah? Ups, malu deh. Pasti maunya menyembunyikan kaki, dan tidak bisa memakai alas kaki yang terbuka di bagian tumit. Agar itu tidak terjadi, segera atasi dengan bahan alami berikut ini:

1GARAM EPSOM

Garam epsom mengandung magnesium yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus mengatasi tumit yang retak-retak. Caranya, siapkan air hangat dalam bak kecil. Tambahkan setengah cangkir garam Epsom. Rendam kaki ke dalamnya selama 10 menit.
Keluarkan kaki, gosok dengan batu apung selama beberapa menit. Rendam kembali ke
dalam larutan garam Epsom selama 10 menit. Angkat, keringkan dengan handuk khusus, oleskan pelembab. Lakukan perawatan tersebut setiap hari, sampai tumit tidak pecah-pecah lagi.

2PISANG

Jangan buang pisang yang terlalu masak, karena bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kaki (tumit) pecah-pecah, sekaligus melembabkan dan melembutkan kulit. Caranya, ambil 1-2 buah pisang masak, hancurkan sampai lembut. Tambahkan setengah buah alpukat. Aduk merata. Gosokkan pasta tersebut pada kaki dengan disertai pemijatan ringan. Biarkan 15-20 menit. Cuci dengan air hangat dan dingin secara bergantian. Lakukan perawatan tersebut setiap hari untuk mengatasi, sekaligus mencegah tumit kering dan pecah-pecah.

3MINYAK KELAPA

Minyak kelapa adalah obat yang luar biasa, untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa dapat melembabkan sekaligus menghindarkan dari infeksi jamur dan bakteri. Caranya, sebelum tidur, rendam kaki dalam air hangat, gosok dengan sikat lembut atau batu apung. Keringkan kaki secara menyeluruh, kemudian oleskan minyak kelapa disertai pemijatan ringan. Setelah itu pakai kaos kaki katun, dan tidurlah. Ini penting agar minyak yang sudah dioleskan benar-benar diserap kulit. Esoknya, cuci
kaki dengan air hangat. Lakukan setiap malam.

4CUKA

Cuka membantu melembutkan kulit sekaligus mengatasi tumit yang pecah-pecah. Selain itu, cuka juga mampu mengatasi kaki lelah. Caranya, campur 1-1,5 cangkir cuka putih atau cuka apel dengan dua gelas air. Rendam kaki di dalamnya selama 10-15 menit, kemudian angkat. Gosok dengan batu apung. Kemudian rendam kembali selama 10 menit, angkat, keringkan, kemudian oleskan pelembab. •bbs/hen/rez