7 Cara Mudah Untuk Hilangkan Bau Amis Pada Ikan

0
340
Foto: foodsitescatalog.com

Ikan merupakan asupan yang sangat baik untuk tubuh. Namun, sebagian orang enggan mengonsumsinya, karena terganggu bau amis yang terkadang masih ada, walau ikan sudah dimasak.

Padahal, bau amis pada ikan bisa dikurangi, bahkan dihilangkan dengan cara yang mudah. Mau tahu seperti apa? Yuk, simak info yang dilansir dari Quora berikut ini.

Baca juga: 6 Makanan ini Diam-diam Ganggu Proses Dietmu

1Susu

Foto: thehealthorange.com

Setelah ikan dibersihkan, rendam dalam susu full cream atau UHT dengan rasa plain selama 30 menit. Lalu bilas sampai bersih. Susu memiliki kandungan kasein, yang akan membantu menghilangkan zat penyebab bau amis pada ikan.

2Air cuka

Foto: Orami

Campuran air dan cuka juga bisa mengurangi bau amis pada ikan. Namun jangan terlalu banyak, cukup campurkan 2-4 sendok makan. Karena, rasa asam cuka bisa merusak rasa ikan, jika kita menggunakannya secara berlebihan.

Siapkan campuran cuka di sebuah piring atau mangkok, lalu rendam ikan di dalamnya selama 5-15 menit. Apabila sudah selesai direndam, bilas ikan dengan air untuk menghilangkan rasa asam dari cuka tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Cokelat, 5 Makanan Ini Juga Bisa Hilangkan Stres

3Jahe

Foto: drweil.com

Aroma khas dari jahe, bisa dijadikan sebagai penangkal bau amis pada ikan. Saat kita memasak ikan, baik digoreng ataupun berkuah, usahakan memasukkan jahe ke dalam bumbu. Tidak harus dihaluskan, Anda cukup dipotong panjang, atau dimemarkan. Tambahkan juga daun jeruk, agar semakin maksimal.

4Lemon/Jeruk Nipis

Foto: Pinterest

Peras jeruk nipis atau lemon, untuk menyiram ikan sebelum dimasak. Lalu diamkan selama 15-30 menit. Agar air perasan lemon atau jeruk nipis tidak merubah rasa ikan, sebelum dimasak pastikan mencuci ikan hingga bersih terlebih dahulu.

5Tepung

Foto: thepioneerwomen.com

Taburkan tepung (terigu atau maizena) di atas ikan, dan ratakan hingga menutupi seluruh bagian ikan. Diamkan selama 10-20 menit, lalu bilas sampai bersih. Selain berguna untuk hilangkan bau amis, tepung juga tidak merusak citarasa ikan itu sendiri. Karena memang pada dasarnya, tepung tidak memiliki rasa apapun.

Baca juga: Diet Sehat ala Cinta Laura untuk Konsumsi Sehari-hari

6Air Asam Jawa

Foto: thepioneerwomen.com

Kali ini, asam jawa bukan digunakan untuk bumbu memasak, melainkan jadi bahan alami penghilang bau amis pada ikan. Larutkan asam jawa ke dalam air hangat. Lalu, rendam ikan yang sudah dibersihkan, selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas ikan dengan air hangat untuk menghilangkan rasa dari asam jawa.

7Gula Pasir

Foto: Getty Images

Bersihkan ikan terlebih dahulu, lalu taburkan gula pasir ke seluruh bagian ikan. Bila perlu, taburkan juga hingga ke bagian dalam ikan. Bisa juga kombinasikan gula pasir ini dengan minyak wijen, agar makin optimal. Diamkan selama 5-15 menit, lalu bilas ikan dengan air bersih sebelum dimasak. (*/rez)