Biaya Renovasi 6 Istana Royal Family Ini Otomatis Bikin Melongo

0
566
biaya-renovasi-rumah-istana royal family
Foto: Realtor

Beberapa hari lalu, biaya renovasi rumah baru Meghan Markle dan Pangeran Harry terungkap. Menghabiskan sekitar £ 2.4 juta (setara Rp 43 miliar), jumlah ini termasuk kecil jika dibandingkan dengan biaya renovasi rumah anggota Royal Family yang lain.

Mulai dari rumah Kate Middleton dan Pangeran William di Istana Kensington, hingga hunian Ratu Elizabeth di Istana Buckingham, biaya renovasinya begitu besar. Penasaran? Let’s check this out!

1.Rumah Duke dan Duchess of Gloucester (The Old Stables)

rumah-pangeran-richard
Foto: Pinterest

Sepupu Ratu Elizabeth, Pangeran Richard akan segera pindah ke Old Stables yang berbasis di Istana Kensington. Ia bersama istri dan anak-anaknya sebelumnya tinggal di apartemen 1, di istana yang sama sejak tahun 1970-an.

Baca juga: Anggota Royal Family Kompak Dengan Warna Biru di Acara Favorit Ratu

Namun kini, ketika anak-anaknya sudah dewasa, Duke dan Duchess of Gloucester memutuskan untuk pindah ke The Old Stables, yang lebih kecil. Tempat itu pun sudah direnovasi dan menghabiskan dana sebesar £ 400,000 (setara Rp 7,1 miliar).

2. Rumah Meghan Markle dan Pangeran Harry (Frogmore Cottage)

biaya renovasi rumah royal family meghan markle
Foto: Shutterstock/E!

Renovasi rumah Duke dan Duchess of Sussex ini memakan biaya £ 2.4 juta (setara Rp 43 miliar). Frogmore Cottage sejatinya terdiri dari lima apartemen terpisah, dan dirubah menjadi satu hunian utuh untuk pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu.

3. Rumah Kate Middleton dan Pangeran William (Apartemen 1A, Istana Kensington)

rumah-kate-middleton
Foto: The Sun

Seperti yang diungkap pada laporan Sovereign Grant 2014 lalu, biaya renovasi apartemen 1A Istana Kensington, yang ditinggali Kate Middleton dan Pangeran William, memakan biaya sebesar £ 4.5 juta (setara Rp 80,7 miliar). Biaya tersebut digunakan untuk perbaikan atap dan pembuangan asbes.

Baca juga: Tetap Sederhana, Anak Kate Middleton 5 Kali Terciduk Pakai Outfit Bekas

Ini bukanlah satu-satunya renovasi hunian tersebut. Pangeran William dan Kate membayar sendiri perbaikan dapur kedua, yang digunakan untuk mendukung kinerja ‘dapur utama’ mereka. Dapur utama digunakan untuk acara-acara resmi.

4. Rumah Pangeran Charles dan Camilla (Clarence House)

rumah-pangeran-charles
Foto: Prince of Wales/Town & Country Magazine

Ketika Pangeran Charles pindah dari Istana St. James ke Clarence House tahun 2003 silam, dana sebanyak £ 4.5 juta (setara Rp 80,7 miliar) digunakan untuk merenovasi hunian barunya itu. Clarence House sebelumnya ditinggali oleh nenek Pangeran Charles, Ibu suri, Ratu Elizabeth I.

Baca juga: Nostalgia 8 Momen Tak Terlupakan di Pernikahan Kate-William

Bahkan, Pangeran Charles menghabiskan £ 1.65 juta million (Rp 29,6 miliar) dari tabungannya sendiri untuk menutupi biaya pemindahan, dekorasi kamar Camilla dan perbaikan tambahan.

5. Rumah Pangeran Andrew (Royal Lodge Windsor)

rumah-duke-of-york
Foto: MSN

Royal Lodge Windsor sudah ditinggali Pangeran Andrew sejak 2004 silam. Duke of York ini telah membayar renovasi secara pribadi sejak saat itu, yaitu sebesar £ 7.5 juta (setara Rp 134,6 miliar). Renovasi tersebut termasuk pembangunan kolam renang pribadi.

6. Tempat tinggal Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip (Istana Buckingham)

rumah-ratu-elizabeth
Foto: Evening Telegraph/Vogue

Semakin besar suatu bangunan, semakin besar pula biaya perawatan termasuk renovasinya. Tak heran jika selama 10 tahun perbaikan, setidaknya biaya sebesar £ 369 juta (setara Rp 6,6 tirilun) sudah dihabiskan.

Proyek besar tersebut mencakup penggantian kabel listrik istana, pipa ledeng dan pemanas untuk mencegang bahaya kerusakan yang bisa menyebabkan kebakaran ataupun kebanjiran. Hal ini harus dilakukan karena pipa ledeng dan pemanas belum pernah diganti sejak tahun 1950-an.

Baca juga: Adu Gaya Kate Middleton vs Meghan Markle Pasca Melahirkan

Renovasi yang dilakukan tahun lalu saja, menghabiskan biaya sebesar £ 2.7 juta (Rp 48,5 miliar). Proyek perbaikan tersebut meliputi penggantian atap pada bangunan bagian barat dan lapisan jalan masuk istana. (*)