5 Destinasi Wisata Timur Tengah yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Foto: Dok. Pinterest

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, dan biasanya Hari Raya Identik dengan libur lebaran. Banyak yang melakukan mudik pulang kampung, dan banyak juga yang ingin menikmati libur tersebut untuk berpergian.  

Selagi menunggu libur lebaran tiba, saatnya mencari tahu tempat-tempat yang wajib dijadikan target untuk destinasi wisata libur lebaranmu.

berikut 5 destinasi wisata di Timur Tengah yang menyajikan sejarah, budaya, peninggalan kuno serta petualangan yang menarik cocok untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga.

1. Mada’in Saleh

5 Destinasi Wisata Timur Tengah yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran. Foto: Dok. Net

Disebut Al Hijr dalam bahasa Arab, tempat ini merupakan destinasi wisata kota kuno di Arab Saudi, yang diperkirakan sudah berusia 2.000 tahun dan dibangun oleh orang-orang Nabatea, orang-orang Arab pra-Islam dari bagian utara Semenanjung Arab yang terkenal karena keterampilannya dalam memanfaatkan air di kawasan gurun.

Terletak di barat laut Arab Saudi, tempat ini dapat ditempuh selama 40 menit dari bandara terdekat di kota Al’Ula. Mudahnya akses untuk dapat sampai di tempat ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dikunjungi saat kamu berada di Arab Saudi.

|Baca Juga: 4 Lokasi Syuting ‘Reborn Rich’ yang Bisa Jadi Tujuan Destinasi Wisata di Korea Selatan

2. Fayoum Oasis

Foto: Dok. Net

Terletak di barat daya Kairo dengan waktu tempuh hingga 2 jam perjalanan, Fayoum Oasis sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu wisata alam yang menakjubkan di Mesir, bak harta karun tersembunyi.

Terdiri dari banyak danau dan kanal, tempat ini merupakan tempat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan bagi kamu yang ingin melepas penat dan mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Salah satu spot terbaik di Fayoum Oasis yakni Wadi El Rayan, yang terdiri dari danau buatan manusia di atas dan bawah, dan terbentang air terjun di antaranya.

3.  Pegunungan Hajar

Foto: Dok. Net

Selanjutnya terdapat pegunungan Hajar yang spektakuler di Oman yang terbentang luas dari ujung Semenanjung Musandam hingga ke Kota Sur, di bagian selatan Muscat.

Wilayah pegunungan indah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling diminati di Oman. Dulunya merupakan penghalang bagi interior Oman, kini pegunungan Al Hajar menjadi akses masuk ke jantung negara.

4. Wadi Rum

Foto: Dok. Net

Wadi Rum merupakan gurun lembah yang terletak di Yordania Selatan. Uniknya, gurun ini didominasi dengan warna merah. Sejumlah film-film Hollywood seperti Lawrence of Arabia, The Martian, dan film live-action Disney Aladdin mengambil latar tempat di Wadi Rum ini.

Pemandangan alam yang disajikan di Wadi Rum telah berhasil menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Terdapat pilihan untuk bermalam di kamp-kamp bernuansa tradisional atau di tenda bergaya mewah. Tempat ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang dinobatkan UNESCO, dengan banyak pengamatan bintang yang dilakukan serta adanya berbagai penemuan peradaban di masa lalu.

|Baca Juga: Lebaran Mati Gaya? Liburan Yuk ke 5 Desa Wisata Rekomendasi Sandiaga Uno

5. Lembah Suci Qadisha

Foto: Dok. Net

Untuk kamu yang menyukai sejarah, Lembah Suci Qadisha menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan. Terletak di tempat terpencil yang menyajikan keindahan alam serta kedamaian di Lebanon, Lembah Suci Qadisha menjadi buruan banyak wisatawan.

Untuk dapat sampai di lembah ini perlu melakukan perjalanan dengan menyusuri desa pegunungan Bcharré, yang menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata di Lebanon dan termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Lembah ini berfungsi sebagai tempat meditasi dan tempat berlindung selama ribuan tahun, menggambar mistikus sufi dan pertapa Kristen. Lembah ini menjadi tempat yang ideal bagi kamu yang mencari petualangan baru dengan mendaki gunung dan lembah! *emy/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here