Lebaran Mati Gaya? Liburan Yuk ke 5 Desa Wisata Rekomendasi Sandiaga Uno

libur-lebaran-berkunjung-ke-desa-wisata
Desa Penglipuran, Bali (Dok. SHUTTERSTOCK/ GODILA)

Jenuh dari rutinitas harian? kamu bisa kok menyepi sejenak ke desa wisata yang sudah direkomendasikan sama Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Liburan ini juga cocok buat kamu yang nggak punya kampung halaman. Momen libur lebaran bisa jadi ajang untuk healing melepas penat dari meeting-meeting yang bikin pusing.

Kenapa desa wisata? Karena menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia nih punya 80 ribu desa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan berpotensi mendulang pundi-pundi. Jadi, sayang banget kalau nggak dikelola dengan maksimal.

Sandiaga jeli melihat peluang ditengah kelonggaran peraturan pemerintah yang mulai memperbolehkan rakyatnya untuk mudik. Sehingga pada libur lebaran tahun 2022 ini, dia berani mendorong beberapa desa sebagai destinasi wajib liburan kamu, bestie!

Dalam acara extended weekly press briefing, Senin (25/4) Mas Menteri juga memberi tahu kriteria desa wisata yang baik.

“Yang jelas dalam desa wisata harus ada homestay, ada atraksi (pertunjukan) yang baik. Juga tentu memperhatikan CHSE (Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan)) serta protokol kesehatan,” kata Sandi.

Lantas desa mana saja sih yang diunggulkan Mas Menteri? Yuk baca ulasannya!

Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua

desa-arborek-raja-ampat-papua
Foto desa wisata Arborek, Raja Ampat dari kejauhan. (Dok. Marius Dobilas Shutterstock)

| Baca juga: Kementerian Pariwisata Akan Punya Gawe di JIEXPO Kemayoran

Salah satu desa yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, adalah Desa Arborek yang terletak di Raja Ampat, Papua. Desa kecil yang dikelilingi lautan itu menawarkan pemandangan pasir putih dengan keindahan biota bawah lautnya.

Wisata laut yang disuguhkan pemandu lokal Arborek kepada wisatawan, akan membawa mereka menemui Pari Manta.

Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur

desa-wisata-pujon-kidul-malang
Desa wisata Pujon Kidul, Malang yang dipadati pengunjung. (Dok. Tiketdotcom)

Kalau Raja Ampat terlalu jauh, kamu bisa menepi sebentar ke sisi timur Pulau Jawa. Nikmati view matahari terbit Bukit Nirwana di Desa Pujon Kidul yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Warga desa setempat sudah menyulap lokasi ini agar kamu bisa melepas penat sejenak dengan melakukan aktivitas menarik, seperti mengolah susu di Pawon Ndeso, membuat topeng, belajar tari tradisional, membuat batik tulis, bermain gamelan, dan masih banyak lagi.

Desa Wisata Selasari, Pangandaran, Jawa Barat

Pengunjung menikmati wisata susur sungai Sangirah Hijau, Selasari, Pangandaran. (Dok. Traveloka)

Desa Selasari yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat membuat desa ini masuk sebagai salah satu desa yang direkomendasikan Sandiaga Uno.

Nggak mengherankan sih, sebab warga desanya mampu memadu madankan alamnya yang liar dengan budaya lokal. Kamu akan diajak menikmati berbagai kegiatan petualangan seperti jelajah sungai, arung jeram, melintasi air terjun, dan memasuki gua. Pokoknya dijamin adrenalin kamu bakal terus terpacu deh!

Desa Wisata Cisande, Sukabumi, Jawa Barat

Warga Desa Cisande melakukan atraksi untuk menarik perhatian pengunjung. (Dok. Kompas)

Masih di Jawa Barat, kali ini bergeser ke barat laut menuju Desa Wisata Cisande, Kabupaten Sukabumi. Desa yang memberikan pengalaman seru lewat kegiatan bernilai edukasi peternakan, membuat desa ini ramai dikunjungi wisatawan cilik dan keluarga.

Kamu bakal melihat dan dipersilakan melakukan budidaya ikan hias dan lele. Tidak hanya itu, kamu juga akan diajak berpenampilan layaknya ‘orang desa’ yang gemar membuat layang-layang sendiri, menghias caping, menanam padi.

Ada lagi kegiatan outbound dan camping untuk mengisi waktu liburanmu dengan hal bermanfaat.

Kamu juga akan diizinkan melihat warga desa yang giat membuat produk seni seperti anyaman bambu, patung, permainan tradisional, sandal jepit khas desa, dan kegiatan seru khas pedesaan lainnya.

Desa Wisata Penglipuran, Bali

Warga Desa Penglipuran, Bali sedang melakukan ritual adat. (Dok. Instagram @desa_adat_penglipuran)

| Baca juga: Dikna Faradiba Ingin Pariwisata Indonesia Maju Seperti Negara Lain

Terakhir adalah Desa Penglipuran, Bali. Sudah tidak asing ya mendengar namanya. Sebab desa adat ini sudah menjadi primadona pariwisata Bali sejak belasan tahun lalu dan dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia.

Daya tarik desa ini ada pada warga desanya yang sangat menjunjung tinggi nilai leluhur. Mereka sama sekali tidak merubah keaslian desa dan tetap mempertahankan hutan bambu yang mengelilingi sekita desa.

Ini jadi bukti, bahwa mereka mampu melestarikan peninggalan leluhur dan menjaga keseimbangan alam dan makhluk hidup lainnya.

Nah, itu dia lima desa wisata yang direkomendasikan Sandiaga Uno untuk kamu yang kebelet escape. Nggak perlu banyak mikir, buruan meluncur ke sana! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here