Trend Pakai Face Oil, Apa Saja yang Tak Boleh Dilakukan?

0
447
face-oil
Foto: Pinterest/thetoastedpinenud.com

Face oil kini sedang marak dikalangan pecinta skincare. Kegunaanya yang ampuh untuk melembapkan serta memberi nutrisi pada kulit wajah, menjadikannya wajib dimasukkan dalam daftar belanja.

Minyak wajah ini pada dasarnya dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit. Face oil mampu menggantikan minyak alami yang hilang, sehingga wajah tidak mudah kering. Jangan khawatir untuk wajah berminyak, karena face oil akan membantu mengatur minyak berlebih pada wajah.

Nah, agar hasil lebih maksimal, jangan sampai keliru dalam mengaplikasikan minyak untuk wajah ini. Simak yuk, hal apa saja yang harus dihindari ketika memakai face oil.

1. Salah memilih jenis

jenis-face-oil
Foto: Wildgreenlife.com

Face oil memiliki banyak pilihan bahan, untuk berbagai jenis kulit yang berbeda. Bahan yang tidak cocok dikulit, terkadang malah menimbulkan iritasi. Beberapa juga tidak menunjukkan hasil yang ampuh.

Pakailah face oil yang mengandung bahan seperti jojoba, argan atau tea tree, untuk wajah yang berjerawat.

Sedangkan untuk kulit berminyak, gunakan face oil yang melembabkan. Selain itu gunakan yang bertekstur ringan dan tidak terlalu banyak, agar wajah tak semakin lengket.

Baca juga: 5 Skin Care Ampuh yang Jadi Rekomendasi Beauty Influencer

2. Memakai face oil saat wajah kotor

belum-mencuci-wajah
Foto: Penyakit.id

Memakai face oil yang tepat ialah ketika wajah sudah bersih dan belum terkontaminasi denganmakeup. Gunakan face oil setelah mengenakan pelembab wajah. Face oil dalam hal ini, berperan untuk mengunci pelembab dan membuat skincare setelahnya akan bekerja secara maksimal.

3. Pemakaian face oil secara oles atau gosok

memakai-face-oil
Foto: Glowpink.com

Mengaplikasikan face oil dengan cara dioles atau digosok seperti memakai krim, adalah kurang tepat. Cara yang ampuh, adalah tuang dua hingga tiga tetes face oil dalam sekali pakai, ke telapak tangan.

Kemudian gosok minyak tersebut hingga merata, dan rasakan hingga telapak tangan terasa hangat. Langkah selanjutnya, cukup tepuk-tepuk telapak tangan ke area wajah. Agar maksimal, lakukan juga pemijatan lembut hingga minyak terserap sempurna.

Baca juga: Girls, Coba Yuk Pakai 5 Produk Perawatan Wajah dengan Pasanganmu!

4. Terlalu banyak

face-oil-tumpah
Foto: Hello Glow

Penggunaan oil pada wajah, cukup tiga sampai enam tetes saja dalam sehari. Pemakaian yang berlebihan, akan menyebabkan kulit kemerahan dan berjerawat. Selain itu wajah akan terasa begitu lengket. Untuk kulit berminyak, umumnya gunakan dua sampai tiga tetes dalam sehari.

5. Terlalu sering

face-oil-berbagai-merk
Foto: theklog.co

Karena face oil berkerja cukup berat untuk wajah dan efeknya juga cepat, maka gunakanlah sekali saja dalam sehari. Face oil memiliki fungsi untuk melembabkan. Jadi, ketika oil digunakan berkali-kali dalam jangka waktu berdekatan, sel kulit akan jarang menghasilkan minyak alami. Kulit akan menganggap keadaan wajah sudah cukup lembab. Akibatnya kulit akan terasa kering. (*)