Yuk Coba 10 Langkah Skincare ala Wanita Korea (Part 2)

0
88
Skin care korea
Foto: Net

Tidak hanya berhenti pada lima langkah saja, yaitu cleansing, double cleansing, exfoliate, pengaplikasian toner dan essence. Perawatan wajah ala wanita Korea, masih memiliki lima tahap lagi. Apa saja itu?

6. Serum-ampoule-booster

serum-ampoul-booster
Foto: Booster Pro Cosmetics/Murmura/Glow Recipe

Produk skin care Korea menekankan penggunaan serum, ampoule dan booster. Dibanding ampoule dan booster, serum lah yang lebih dikenal masyarakat pada umumnya.

Setiap serum memiliki fungsi khusus, misalnya serum untuk melawan kerutan wajah atau serum untuk mencerahkan kulit. Sedangkan booster, berguna untuk memaksimalkan performa produk perawatan kulit.

Baca juga: 12 Manfaat Kulit Pisang yang Dapat Diaplikasikan dengan Sederhana

Lain lagi dengan ampoule, yang memiliki kegunaan untuk mengatasi masalah seperti penggelapan kulit, warna kulit tidak merata, hingga menjaga elastisitas kulit. Memiliki konsentrasi paling tinggi dibanding serum dan booster, efek yang dihasilkannya pun terbilang lebih cepat.

Kandungan bahan aktifnya memiliki dosis yang tinggi, sehingga pemakaiannya pun cukup sedikit saja.

7. Masker sheet

Masker
Foto: ebay

Menggunakan masker sheet, juga merupakan bagian penting dalam perawatan kulit ala wanita Korea. Fungsinya untuk menyehatkan kulit, dan membantu menenangkan pikiran dan emosi.

Baca juga: 8 Kesalahan Pengaplikasian Makeup yang Sering Dilakukan Wanita

Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan satu atau dua kali seminggu. Di Korea sendiri, sedang popular memakai masker selama tujuh hari berturut-turut, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

8. Eye cream

Eye-cream
Foto: Qoo10

Kebanyakan orang akan prihatin ketika mereka kerutan di area bawah mata. Karena pada area tersebut, tanda-tanda usia nampak terlihat paling jelas.

Gunakan krim mata dua kali sehari, untuk hasil yang maksimal. Sebaiknya oleskan krim mata menggunakan jari manis, dengan gerakan yang lembut.

9. Moisturizer

Moisturizer
Foto: Niniko/VIDI Skincare

Cara cepat agar kulit nampak segar dan cerah, adalah dengan menemukan jenis pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Moisturizer berbahan dasar air, baik digunakan untuk kulit berminyak. Sedangkan moisturizer berbahan minyak digunakan untuk kulit kering.

Baca juga: 7 Manfaat Sendok bagi Kecantikan yang Penting untuk Dicontoh

Gunakan moisturizer pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada bagian leher.

Penggunaan moisturizer pada malam hari, dapat diganti dengan krim malam atau pelembab untuk perawatan malam. Pada dasarnya, kulit wajah harus tetap terhidrasi walaupun pada malam hari.

10. Sunscreen dan night cream

Sunscreen
Foto: MoleSafe

Agar upayamu tidak sia-sia, pastikan untuk memakai tabir surya untuk step terakhir. Tabir surya berfungsi sebagai pertahanan terbaik dari sinar matahari, dan untuk melawan penuaan dini.

Gunakan tabir surya di pagi hari dan siang hari, apabila masih dibutuhkan. Tabir surya tidak akan merusak produk perawatan lain, yang sudah di terapkan di wajah.

Baca juga: 6 Teknik Makeup Kekinian Yang Mudah Untuk Diaplikasikan Sendiri

Fyi, Penggunaan produk perawatan Korea dimulai dengan yang konsistensinya paling cair, kemudian ditutup dengan produk yang berkonsistensi paling kental. Di malam hari, produk yang digunakan lebih banyak, karena harus membersihkan kotoran yang seharian menempel di wajah. (*)