8 Kesalahan Pengaplikasian Makeup yang Sering Dilakukan Wanita

0
82
makeup
Foto: Cult Beauty

Bagi yang memiliki sedikit pengetahuan tentang makeup, mungkin sering salah kapra dalam mengaplikasikannya. Seringkali pula kita dapatkan informasi yang tidak tepat, sehingga kita pun ikut keliru.

Padahal penggunaan makeup yang benar, memiliki banyak manfaat dengan hasil yang memuaskan. Jangan sampai salah, ubah yuk kesalahan-kesalahan dalam ber-makeup!

1Pelembab yang dipakai untuk primer

Agar lebih simpel, sebelum ber-makeup biasanya para wanita hanya mengaplikasikan pelembab untuk dijadikan primer.

Padahal pada dasarnya pelembab dan primer berbeda, lho. Pelembab digunakan untuk melembabkan wajah. Sedangkan primer lebih berfungsi agar makeup merata dan tahan lebih lama.

2Mencoba warna foundation di tangan

Hal yang dilakukan para wanita ketika mencoba tester makeup biasanya adalah mengoleskannya di telapak tangan atau pergelangan tangan.

Padahal warna kulit tangan dengan kulit wajah sedikit banyak berbeda. Cobalah foundation di area dagu hingga leher agar shade-nya cocok dengan warna kulit.

Baca juga: 6 Foundation Terbaik untuk Kulit Kombinasi

3Salah menentukan warna alis 

Bagian alis merupakan bagian yang cukup sensitif. Penggunaan warna pensil alis tidak tepat dan asal-asalan, dapat membuat kita terlihat aneh.

Ketika memiliki rambut dengan warna cokelat bercahaya, gunakan warna pensil alis yang sesuai dengan warna cahaya yang paling terang. Jika rambut berwarna pirang, berikan sentuhan pensil alis dengan warna lebih gelap sedikit dari rambut.

Dan apabila rambut berwarna hitam, samakan warnanya dengan rambut namun tidak terlalu tebal.

4Concealer yang dipakai sebelum foundation

Concealer berguna sebagai corrector, yaitu untuk menutupi bagian-bagian yang dirasa kurang pada wajah seperti noda hitam, mata panda, belang, serta kekurangan lain.

Jangan gunakan concealer dengan warna yang sama dengan warna kulit, sebelum menggunakan foundation. Gunakan setelah pemakaian foundation, kecuali jenis concealer tertentu yang memang dipakai dibawah foundy agar warnanya dapat menyatu.

Baca juga: 5 Manfaat Alami Air Kelapa untuk Merawat Kesehatan Rambut

5Blending Eyeshadow yang salah

Pembauran warna pada penggunaan beberapa warna eyeshadow yang tidak merata, menyebabkan dandanan nampak menor. Jadi, untuk yang masih awam dalam menggradasikan warna eyeshadow, pilih dua warna dengan tone yang sama dan natural. Jangan lupa blending dengan rata.

6Pemakaian eyeliner yang salah kaprah

Menggunakan eyeliner di seluruh lingkaran mata justru tidak membuat mata nampak lebih besar. Jika mata ingin terlihat lebih besar, gunakan eyeliner putih atau eyeshadow yang terang dibawah mata.

7Bronzer untuk contouring

Jangan gunakan bronzer untuk contour ya! Kedua jenis makeup ini jelas memiliki fungsi yang berbeda. Bronzer digunakan agar wajah nampak eksotis kecoklatan di beberapa bagian dan glowing. Warna bronzer juga umumnya memiliki undertone kuning seperti cokelat atau cokelat keoranyean.

Berbeda dengan contouring yang digunakan untuk memainkan ilusi pada wajah seperti pipi tirus, hidung mancung dan dagu lebih kecil. Pilih warna cokelat yang lebih gelap satu sampai dua shade dari warna kulit untuk conturing.

8Menggunakan highlighter terlalu banyak

Ingin bagian wajah terlihat bercahaya dan glowly? Gunakan highlighter di bagian tertentu seperti tulang pipi, hidung sampai bawah alis. Namun jangan sampai menggunakan terlalu banyak highlighter, apalagi pada jenis kulit berminyak, karena malah menambah kesan belang. (*/rez)