Siapa yang tidak mengenal jeans? Semua orang dari berbagai kalangan pun pasti mengenal salah satu fashion item ini. Yup, jeans merupakan benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang karena fungsinya yang bisa digunakan baik di acara formal maupun non formal. Modelnya yang selalu mengalami perubahan dari masa ke masa pun memiliki daya tarik tersendiri, sehingga tidak heran jika satu orang pasti memiliki jumlah jeans lebih dari satu.

Perawatan jeans juga bisa dibilang cukup mudah, karena hanya dengan dicuci dan diseterika, jeans akan kembali bisa digunakan. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa ketentuan untuk mencuci jeans?

1Sebaiknya Tidak Gunakan Mesin Cuci

Bahan jeans yang berat dan tebal terkadang membuat kita berpikir bahwa sebaiknya jeans dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Namun ternyata, pencucian jeans dengan menggunakan mesin cuci ini sangat tidak disarankan dan hal ini diungkapkan oleh CEO merek Levi’s, Chip Bergh. Bergh berkata bahwa mencuci jeans dengan mesin cuci sangat tidak disarankan karena mempercepat kerusakan dan menghabiskan air.

2Cuci Bagian yang Kotor

Tidak hanya itu, Bergh juga menambahkan jika pembersihan jeans dapat dilakukan hanya pada bagian yang kotor saja, itu pun cukup dengan menggunakan sikat gigi. Kalaupun harus dicuci, cukup dicuci dengan menggunakan tangan, lalu dijemur.

Baca juga: Gaya Kasual Victoria Beckham yang Bisa Kamu Curi 

3Warna Bisa Pudar Bila Terlalu Sering Dicuci

Pencucian jeans terlalu sering juga bisa menyebabkan warna asli jeans tersebut cepat pudar. Oleh karena itu, pencucian jenas sebaiknya dilakukan cukup sebulan sekali untuk menjaga bentuk, tekstur, dan warnanya.

Baca juga: 8 Tips Fashion Untuk Acara Malam Hari

4Cukup Jemur Jeans Sebelum Digunakan Kembali

Lalu apa yang harus dilakukan agar kita betah menggunakan jeans yang belum dicuci selama satu bulan? Caranya cukup mudah. Setelah digunakan, jemur lah jeans ditempat yang terbuka dan terkena udara. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan keringat dan bau tidak sedap yang menempel pada jeans.

Baca juga: Kenali Jeans yang Tepat Untuk Tipe Badanmu