Viral, Langit Malam Portugal Mendadak Terang Dilintasi Meteor

JATUH: Meteor yang tampak melintasi langit Portugal. Foto : Tangkapan layar
JATUH: Meteor yang tampak melintasi langit Portugal. Foto : Tangkapan layar

Momen langka terjadi di Spanyol dan Portugal karena ada meteor melintasi langit. Peristiwa meteor jatuh ini membuat suasana malam yang gelap menjadi terang kebiruan.

Momen ini dibagikan oleh akun X (Twitter) @CollinRugg yang memperlihatkan bahwa langit malam seketika berubah menjadi terang berwarna kebiruan akibat cahaya dari meteor yang jatuh di sekitar negara Portugal.

Semua orang terlihat sangat kagum dengan apa yang dilihatnya pada langit malam itu.

“Meteor terlihat di langit Spanyol dan Portugal. Ini gila. Laporan awal menyatakan bahwa kilatan biru terlihat melesat melintasi langit malam sejauh ratusan kilometer. Saat ini, belum dapat dipastikan apakah benda tersebut menghantam permukaan bumi, namun beberapa laporan mengatakan benda tersebut mungkin jatuh di dekat kota Castro Daire. Laporan lain menyebutkan lokasinya lebih dekat ke Pinheiro,” bunyi keterangan video tersebut dalam unggahannya Minggu (19/5/2024).

| Baca Juga: Helikopter Rombongan Presiden Iran Jatuh, Diduga Semua Tewas

Melihat fenomena itu, banyak netizen yang kagum dengan momen langka tersebut. Mereka berharap meteor terbakar sepenuhnya di langit sehingga tidak melukai siapa pun. Sangat keren! Semoga tidak ada yang terluka,” tulis salah seorang netizen.

Jika kita berbicara tentang objek yang lebih kecil, ledakan udara biasanya LEBIH berbahaya daripada dampaknya, bukannya lebih kecil. Lihat Tunguska, dan yang jatuh di Rusia beberapa tahun lalu,” sambung netizen lainnya.

Badan Antariksa Eropa (ESA) juga membagikan video saat meteor itu meluncur di langit Caceres. Kilauan cahaya berwarna biru muncul saat serpihan benda luar angkasa itu melintas.

| Baca Juga: Park Jung-oh, Pembelot Korea Utara Kirim Beras dalam Botol untuk Warga Miskin Negaranya

ESA menyebut meteor itu meluncur dengan kecepatan 45 km per detik sebelum habis terbakar di atas Samudera Pasifik.

Sementara Melansir CGN, situs Badan Perlindungan Sipil Portugal mengeluarkan peringatan yang mengindikasikan kemungkinan jatuhnya meteorit di wilayah Castro Daire di distrik Viseu.

Setelah kejadian, petugas pemadam kebakaran segera dikerahkan ke tempat kejadian untuk mempersiapkan diri menghadapi insiden yang tidak diinginkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here