Desainer Nurdini Prihastiti Gandeng Difabel untuk Karya Terbarunya

Foto: Agnes/Nyata

I ndustri fashion kian marak dengan munculnya desainer muda. Salah satunya, Nurdini Prihastiti dengan meluncurkan koleksi ready to wear berlabel Dama Kara.

“Disini kita ada dua koleksi yaitu batik dan karya teman-teman yang berkebutuhan khusus. Ciri kita itu desain yang simple tapi di setiap motif ada maknanya,” jelas Nurdini Prihastiti ditemui di sela acara Diplomat Success Challenge (DSC) seasion 14 kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2024).

Lewat karyanya, Nurdini ingin mendobrak stigma bahwa batik hanya bisa dipakai untuk acara formal. Padahal sehari hari pun bisa dipakai.

“Kita bisa kok pakai buat daily. Akhirnya kita pilih motif yang simple. Motif di Dama Kara juga membawa pesan untuk mencintai diri sendiri. Sekarang ada kecenderungan orang beli baju bukan sekedar beli baju tapi ada maknanya,” terangnya.

| Baca Juga: Shanty Gandeng Penyanyi Kanada dalam Single ‘Count On Me’

Tahun 2024 ini, Dama Kara yang pertama dibentuk empat tahun lalu, akan mengeluarkan koleksi terbaru yang berkolaborasi dengan anak berkebutuhan khusus yang punya keahlian membuat sashiko atau tehnik menyulam tangan asal Jepang.

Sebelumnya, Dama Kara pernah berkolaborasi dengan aktris Putri Marino dengan mengeluarkan motif spesial yang dibuat oleh pemain webseries Layangan Putus ini.

“Dia adalah seorang tuna rungu jadi motif itu dijahit tangan. Selain itu juga akan kolaborasi dengan peserta DSC yang lain. Seperti dengan Guru Bumi, akan mengeluarkan buku tentang membatik juga dengan Organic Lombok,” paparnya.

| Baca Juga: Dua Mantan Member JKT48 Siap Ikut Kompetisi Chuang Asia: Thailand

Berkolaborasi dengan teman teman berkebutuhan khusus telah dilakukan sejak awal memulai karyanya. Sebagian penjualannya pun diserahkan bagi terapi anak anak berkebutuhan khusus.

“Penjualan dari Koleksi yang memakai karya anak anak kebutuhan khusus royaltinya kami serahkan ke mereka. Motif gayatri yang seperti garis itu jadi signature motif kami,” terangnya.

Nurdini Prihastiti memang merupakan salah satu dari finalis Diplomat Success Challenge (DSC) seasion 14. DSC sendiri diadakan sebagai gerakan atau movement kewirausahaan yang berkelanjutan.

“Aku udah mau ikutan dari tahun 2022 akhirnya ikut di tahun 2023 dari teman. Untuk ikut ini ada seleksi dari ribuan peserta di pilih menjadi 45 orang lalu, lalu disaring lagi jadi 18 orang, lalu 12 orang hingga menjadi 8 orang yang akhirnya masuk final,” terang Nurdini Prihastiti yang Selama dua minggu ikut boothcamp DSC.

| Baca Juga: Lucunya Pikachu Pakai Batik yang Dibuat Perajin dari Jawa Tengah

M.Jupaka, Chief Operating Officer NAMA Beauty dan Coach DSC Season 14 menggarisbawahi pentingnya pengembangan skill dan kreativitas. Kemajuan jaman mengharuskan para entrepreneur untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai perkembangan bisnis terbaru.

“Dalam dunia bisnis, bertukar informasi dan berkolaborasi adalah sebuah hal penting untuk mengetahui update terbaru mengenai bisnis itu sendiri. DSC mempunyai Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang membantu entrepreneur dalam berjejaring untuk keberlanjutan bisnisnya,” papar Jupaka. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here