Remaja India Pecahkan Rekor Dunia Menyanyi dalam 140 Bahasa

Remaja India raih rekor dunia menyanyi dalam 140 Bahasa. Foto: Dok. Instagram @suchethasatish
Remaja India raih rekor dunia menyanyi dalam 140 Bahasa. Foto: Dok. Instagram @suchethasatish

Prestasi mengagumkan berhasil diraih oleh remaja India bernama Suchetha Satish (18). Perempuan asal Kerala itu berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Record, karena berhasil menyanyi dalam 140 bahasa di sebuah konser yang digelar pada 24 November 2023 lalu.

Sucheta Satish tampil dalam konser bertajuk Concert for Climate yang digelar di Dubai. Konser itu adalah acara pembuka untuk konferensi iklim dunia COP 28 yang dihadiri perwakilan di lebih dari 100 negara.

Remaja India ini sukses menyanyikan lagu dalam 140 bahasa di penampilannya tersebut. Ini adalah persembahan Suchetha untuk menyambut para tamu dari semua negara yang berpartisipasi dalam COP 28.

| Baca Juga: Beauty and the Beast Pecahkan Rekor Dunia Dalam Waktu 24 Jam

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nidhi Kumar (@rjnidhiredfm)

Dengan banyaknya lagu yang ia nyanyikan, total penampilan Suchetha berlangsung selama kurang lebih sembilan jam. Berkat usahanya itu, ia berhasil meraih rekor dunia menyanyi dengan kategori, “Bahasa Terbanyak yang Dinyanyikan dalam Sebuah Konser”.

Suchetha pun mengaku senang dengan pencapaiannya ini. Melalui Instagram pribadinya, ia membagikan momen saat menerima penghargaan dari Guinness World Record.

“Saya dengan bahagia membagikan berita bahwa berkat kuasa Tuhan, saya telah memecahkan rekor Guinness World Record baru dengan menyanyi dalam 140 bahasa selama 9 jam pada 24 November 2023, sepanjang Concert for Climate,” tulis Suchetha dalam keterangan unggahannya tersebut.

Baca Juga: Lagu Piala Dunia 2022 Milik Jungkook ‘BTS’ Pecahkan Rekor Baru

Saat diwawancara DD India News, Suchetha mengatakan bila ia diberkati menjadi musisi multibahasa.

“Sebagai seorang musisi multibahasa yang memiliki moto ‘Musik Melampaui Batas’, saya berpikir tentang apa yang dapat saya lakukan untuk menyebarkan kesadaran tentang pelestarian iklim dan begitulah cara kami membuat konser ini,” katanya kepada outlet tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Suchetha mendapatkan rekor dunia di bidang tarik suara. Sebelumnya, ia juga mendapatkan rekor karena bernyanyi dalam 102 bahasa di Auditorium Konsulat India di Dubai pada tahun 2021.

Setelahnya, ia memecahkan rekornya sendiri dengan bernyanyi 120 lagu di sebuah acara teve bertajuk Music Beyond Border. Kini, ia berhasil meningkatkan prestasinya, dengan bernyanyi dalam 140 bahasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here